Penulis Utama : Debby Hasprilia Oktavianingrum
NIM / NIP : G0012053
×

Latar Belakang: Masa remaja adalah masa kedewasaan yang berhubungan dengan pubertas. Proses ini dibagi dalam tiga tahap, yaitu pra pubertas (pra menarche), pubertas dan pasca pubertas. Pubertas ditandai dengan menstruasi pertama (menarche) yang dapat terjadi lebih awal pada usia 9-10 tahun atau lebih lambat pada usia 17 tahun. Namun usia menarche dapat dikatakan normal apabila terjadi pada usia 12-14 tahun. Hal ini menandai kesiapan seorang anak perempuan menghadapi menarche. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku menjaga kebersihan organ genitalia eksterna pada siswi pra menarche di Kelurahan Ngoresan Surakarta.
Metode Penelitian : Penelitian bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah siswi kelas 4, 5 dan 6 SDN Ngoresan dan SDN Bulukantil yang belum mengalami menstruasi. Sampel diambil secara purposive sampling pada 103 siswi yang berusia 9-13 tahun. Teknik pengambilan data melalui wawancara yang dipandu dengan kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku menjaga kebersihan organ genitalia eksterna. Data yang diperoleh, dianalisis dengan uji korelasi Pearson.
Hasil Penelitian : Sebagian besar siswi memiliki pengetahuan yang baik (73,8%) dan sikap yang baik (65%) tentang kebersihan organ genitalia. Hasil uji korelasi didapatkan hasil variabel pengetahuan dengan perilaku r = 0,247 (p = 0,012) dan variabel sikap dengan perilaku r = 0,230 (p = 0,020). Dengan demikian semakin baik pengetahuan dan sikap maka perilaku kebersihan organ genitalia semakin baik.
Simpulan Penelitian : Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku menjaga kebersihan organ genitalia eksterna pada siswi pra menarche di Kelurahan Ngoresan Surakarta.
Kata kunci : pengetahuan, sikap, perilaku, kebersihan organ genitalia eksterna, pra menarche.

 

×
Penulis Utama : Debby Hasprilia Oktavianingrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012053
Tahun : 2016
Judul : Hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku menjaga kebersihan organ genitalia eksterna pada siswi pra menarche di Kelurahan Ngoresan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0012053-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, SKM, M.Kes.
2. Rosalia Sri Hidayati, dr.,M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.