Penulis Utama : Aji Bayu Sadewo
NIM / NIP : I0311004
×

ABSTRAK
Perkembangan zaman yang semakin cepat membuat sistem ketelusuran semakin dibutuhkan pada rantai pasok makanan. Hal ini disebabkan sistem ketelusuran erat kaitannya dengan keamanan pangan yang dikonsumsi oleh konsumen. Begitu pula dengan penerapan sistem ketelusuran pada produk pertanian salah satunya adalah buah melon. Banyak keuntungan yang didapat dalam penerapan sistem ketelusuran ini seperti memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk yang dibeli. Dalam penelitian ini dilakukan pemetaan mengenai produk melon yang diekspor ke luar negeri serta melakukan implementasi sistem ketelusuran pada rantai pasoknya.
Penelitian ini menggunakan teknologi RFID untuk mendukung sistem ketelusuran yang diterapkan. Teknologi RFID dipakai karena mempunyai banyak keunggulan antara lain memori yang tersedia lebih besar, pembacaan data yang dilakukan lebih cepat dan akurat serta tidak mudah rusak. Sistem ketelusuran yang diterapkan mengacu pada panduan yang dikeluarkan oleh lembaga GS1. Standar GS1 digunakan karena sistem ketelusurannya paling banyak dipakai dan dapat digunakan dalam semua lini rantai pasok walaupun bersifat lintas negara. Sehingga output dari penelitian ini adalah sebuah sistem ketelusuran dan penjelasan lebih detil tentang sistem ketelusuran pada setiap entitas.
Kata Kunci: buah melon, rantai pasok, standar GS1, sistem ketelusuran, teknologi RFID,
ABSTRACT
The increasingly rapid development of current technology is vastly encouraging the need of traceability systems in food supply chain. This is urgently associated with the safety of food consumed by the customer. There are several benefits from implementing the traceability system in the food supply chain. One of them is providing the customer information about the product they purchase. In this paper, we try to map the supply chain of a melon fruit that is being exported overseas and implement a traceability system into the supply chain.
We use an RFID technology to support the implementation of the traceability system. The use of RFID technology is promoted by its plentiful advantages, such as the sizable memory capacity, fast data reading, and high durability. The traceability system used in this paper refers to a guide issued by the GS1. GS1’s guide and standard have been used vastly in traceability system and are capable to be implemented in a cross country supply chain. The output of the research is a traceability system which incorporates an explanation of further detail about the traceability in every entity.
Keywords: GS1 standard, melon fruit, RFID, supply chain, traceability system

×
Penulis Utama : Aji Bayu Sadewo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0311004
Tahun : 2016
Judul : Desain Sistem Ketelusuran Rantai Pasok Buah Melon Menggunakan Standar GS1
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I0311004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusuf Priyandari, ST, MT
2. Dr. Muh. Hisjam STP, MT,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.