Penulis Utama : Destri Purnaning Tyas
NIM / NIP : C0510019
×

ABSTRAK
Penelitian Dinamika Koperasi Batik PPBI Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui latar belakang berdirinya Koperasi Batik PPBI di Yogyakarta, untuk mengetahui perkembangan Koperasi Batik PPBI selama kurun waktu tahun 1952-1976 dan peranannya terhadap anggota Koperasi Batik PPBI.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari beberapa tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Tahap heuristik yaitu pengumpulan data tentang jejak-jejak masalalu untuk mendapatkan sumber primer, khususnya sumber tertulis baik berupa arsip maupun hasi-hasil penelitian lain yang telah dilakukan. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan kritik ekstern maupun intern, tahapan selanjutnya adalah interpretasi atau penafsiran terhadap data yang terpilih untuk selanjutnya dirangkai menjadi tulisan sejarah. Kemudian historiografi merupakan penulisan dari hasil intrepretasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdirinya Koperasi Batik PPBI tidak terlepas dari kondisi politik yang terjadi saat itu. Kebijakan pemeritah saat itu memungkinkan untuk membangun sebuah organisasi bagi para pengusaha batik. Walaupun keberadaan koperasi Batik PPBI sempat mengalami pasang surut, namun Koperasi Batik PPBI setidaknya dapat mempertahankan eksistensinya selama kurun waktu tahun 1952-1976.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perkembangan koperasi batik PPBI ini mendapatkan dukungan yang besar, baik dari pengurus koperasi, para anggotanya dan pemerintah begitu memperhatikan kepada pertumbuhan koperasi batik PPBI. Koperasi batik PPBI juga berperan dalam memjukan industri batik di Yogyakarta. Koperasi batik PPBI juga berperan di bidang sosial kepada masyarakat dengan didirikannya balai pengobatan dan klinik bersalin, di bidang pendidikan koperasi PPBI juga mendirikan Tman Knak-kanak yang terbuk untuk masyarakat umum. Namun memasuki masa orde barukegiatan dalam Koperasi Batik PPBI mulai menunjukkan penurunan karena munculnya batik printing. Tidak dapat dipungkiri kebijakan dari pemerintah pada saat itu sangat mempengaruhi jalannya Koperasi Batik PPBI dan bagi indistri batik di Yogyakarta yang lambat laun mengalami kemunduran.

×
Penulis Utama : Destri Purnaning Tyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0510019
Tahun : 2015
Judul : Dinamika Koperasi Batik PPBI di Yogyakarta Tahun 1952-1976
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Ilmu Sejarah-C0510019-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.