Penulis Utama : Danis Eka Prasetya Wicaksana
NIM / NIP : I0311016
×

ABSTRAK
Agar dapat dirasakan oleh konsumen, produk teknologi hasil riset perguruan tinggi perlu ditransfer pada kegiatan konsumsi maupun produksi melalui aktivitas komersialisasi teknologi. Namun aktivitas tersebut sering terhambat akibat adanya valley of death (jurang kematian) yang mengakibatkan kegagalan produk untuk dikomersialkan. Untuk itu diperlukan sebuah bridging system yang disebut juga sebagai unit layanan transfer teknologi atau inkubator teknologi. Di sisi lain peran perguruan tinggi juga sudah meningkat menjadi agen penggerak ekonomi khususnya ekonomi daerah. Oleh karena itu UNS mendirikan lembaga inkubator teknologi bernama Pusat Inovasi Teknologi (PIT) UNS yang bertugas mengkomersialkan hasil riset teknologi di UNS dalam bentuk Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) melalui proses inkubasi.
Sebagai inkubator yang baru lahir, PIT UNS belum memiliki sistem dan proses baku yang detail dalam pengembangan PPBT di UNS. Sistem tersebut dapat dikembangkan dengan mempelajari inkubator yang telah berdiri dan menghasilkan sejumlah PPBT. Oleh karena itu perlu dilakukan studi benchmarking dengan inkubator lain yang dirasa telah lebih ideal. BIT BPPT, LPIK ITB dan ICC UTM dipilih sebagai subjek benchmarking karena dianggap telah ideal berdasarkan pada jumlah PPBT yang telah dilahirkan.
Dari hasil studi benchmarking didapati bahwa terdapat 8 sub sistem atau proses utama di dalam sistem pengembangan PPBT di PIT UNS. Melalui 8 proses utama tersebut akademisi UNS beserta inovasi teknologi dan ide bisnisnya akan ditransformasikan menjadi PPBT. Berdasarkan analisis unsur manajemen 5M (man, material, method, machine, money) sistem tersebut haru didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya PIT UNS. Sistem tersebut juga telah diujicoba implementasikan dengan studi kasus dua tenant (peserta inkubasi) PIT UNS. Tanggapan dari tenant menyatakan bahwa skema sistem sudah cukup jelas dan mampu menggambarkan posisi inkubasi tenant. Namun perlu adanya pengembangan pada bagian pelatihan dan mentoring tenant.
Kata kunci: inkubasi, inkubator, perguruan tinggi, PPBT, teknologi, tenant

×
Penulis Utama : Danis Eka Prasetya Wicaksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0311016
Tahun : 2015
Judul : Kerangka Sistem Pengembangan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Luaran Perguruan Tinggi: Studi Kasus PIT UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I0311016-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yuniaristanto, S.T., M.T.
2. Dr. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.