Penulis Utama : Galih Nur Cahyo
NIM / NIP : I8112017
×

ABSTRAK
Tujuan dari proyek akhir ini adalah pembuatan mesin penyuwir daging sapi untuk bahan baku abon. Mesin penyuwir daging adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyuwir daging sapi yang selanjutnya akan digunakan untuk bahan baku dalam proses pembuatan abon. Mesin ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya sentral industri kecil dalam membuat suiran daging sapi untuk bahan baku abon.
Pembuatan alat ini dimulai dengan melakukan pengamatan pada industri pembuatan abon yang masih menggunakan cara pembuatan abon dengan sistem tradisional & alat penyuwir yang ada di pasaran. Tahap selanjutnya adalah perancangan yaitu meliputi gambar, dan perhitungan untuk menetunkan komponen yang akan dipergunakan kemudian terakhir adalah proses pembuatan dan perakitan.
Berdasarkan hasil perancangan mesin penyuwir daging untuk bahan baku abon, hasil dari penyuwiran ini berupa suiran daging kecil-kecil dan merata yang nantinya akan digunakan untuk bahan baku abon. Mesin penyuwir daging ini menggunakan motor listrik dengan daya 0,5 HP sebagai sumber penggerak utamanya. Alat ini mempunyai kapasitas daya tampung sebesar ± 4 kg daging sapi. Berdasarkan hasil pengujian, alat ini mempunyai kapasitas produksi sebesar 4 kg daging sapi dapat dikerjakan dalam waktu 8 menit. Jadi, dapat disimpulkan total kapasitas produksi mesin ini yaitu 30 Kg/jam.
Kata kunci : Proses Produksi Mesin Penyuwir Daging Abon

×
Penulis Utama : Galih Nur Cahyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8112017
Tahun : 2016
Judul : Rancang Bangun Mesin Penyuwir Daging Sapi untuk Bahan Baku Abon (Proses Produksi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8112017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T.,M.T.
2. Tri Istanto, ST.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.