Penulis Utama : Iftitaahul Mufarrihah
NIM / NIP : S851408021
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pokok kesebangunan berdasarkan tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 8 orang siswa kelas IXB  SMPN 1 Gondangwetan Pasuruan, yang terdiri dari 2 orang siswa untuk masing-masing tipe kepribadian. Prosedur pemilihan subjek dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) mengelompokkan data dalam 4 kategori: (a) memahami masalah, (b) merencanakan pemecahan masalah, (c) melaksanakan rencana, (d) melihat  kembali, yang kemudian dibandingkan dengan indikator kemampuan komunikasi matematis , (2) menyajikan data dalam bentuk teks naratif, (3) menyimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada masing-masing tipe kepribadian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada tiap tipe kepribadian berbeda. (1) pada siswa dengan tipe kepribadian guardian : (a) siswa mampu mengetahui hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) siswa mampu memodelkan masalah yang ada pada soal dalam bentuk gambar dengan tepat, (c) siswa mampu menjelaskan ide dan melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik, (d) siswa mampu memeriksa kembali hasil pekerjaan dan menyebutkan terdapat alternatif lain untuk menyelesaikan permasalahan. (2) pada siswa dengan tipe kepribadian artisan : (a) siswa mampu mengetahui hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) siswa mampu memodelkan masalah yang ada pada soal dalam bentuk gambar dengan tepat, (c) siswa mampu menjelaskan ide dan melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik, (d) siswa mampu memeriksa kembali hasil pekerjaan dan menyebutkan terdapat alternatif lain untuk menyelesaikan permasalahan. (3) pada siswa dengan tipe kepribadian rational : (a) siswa mampu mengetahui hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) siswa mampu memodelkan masalah yang ada pada soal dalam bentuk gambar dengan tepat, (c) siswa mampu menjelaskan  ide namun tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian yang telah dibuat, (d) siswa tidak mampu memeriksa kembali hasil pekerjaan dan tidak mampu menyebutkan alternatif lain yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan. (4) pada siswa dengan tipe kepribadian idealist : (a) siswa mampu mengetahui hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) siswa mampu memodelkan masalah yang ada pada soal dalam bentuk gambar dengan tepat, (c) siswa mampu menjelaskan ide namun tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian yang telah dibuat, (d) siswa tidak mampu memeriksa kembali hasil pekerjaan dan tidak mampu menyebutkan alternatif lain yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan.
Kata kunci: komunikasi matematis, pemecahan masalah, tipe kepribadian
ABSTRACT
The aims of this research is to decribed the ability of mathematical communication of students in solving mathematics problems on similarity subject based  on  guardian, artisan, rational, and idealist personality type.
The research was a descriptive qualitative. The subjects of this research were eight students of class IXB  SMPN 1 Gondangwetan Pasuruan, and every students represented each  personality. The data in this research was collected by interview-based task. The validity of the data in this research used time triangulation. Analyzing techniques of the data were: (1) classifying the data into four categories: (a) understanding the problem, (b) problem solving plan, (c) implement the plan, (d) looking back, which is compared with indicators of mathematical communication, (2) presenting the data in narative text, (3) concluding the ability of mathematical communication for each personality type.
The result of this research showed that the ability of mathematical communication for each personality was different. (1) student with guardian personality type: (a) student able to know thing that are known and questioned the given problem, (b) student able to model the problem that exist on the matter in the form of images with appropriate, (c) student able to explain ideas and implement the settlement plan well, (d) student able to re-examine their work and explain that there are other alternatives to solve the problems. (2) student with artisan personality type: (a) student able to know thing that are known and questioned the given problem, (b) student able to model the problem that exist on the matter in the form of images with appropriate, (c) student able to explain ideas and implement the settlement plan well, (d) student able to re-examine their work and explain that there are other alternatives to solve the problems. (3) student with rational personality type: (a) student able to know thing that are known and questioned the given problem, (b) student able to model the problem that exist on the matter in the form of images with appropriate, (c) student able to explain ideas but cannot carry out the settlement that has been made, (d) student not able to re-examine their work and are not able to mention the other alternative which is used to solve the problems.  (4) student with idealist  personality type: (a) student able to know thing that are known and questioned the given problem, (b) student able to model the problem that exist on the matter in the form of images with appropriate, (c) student able to explain ideas but cannot carry out the settlement that has been made, (d) student not able to re-examine their work and are not able to mention the other alternative which is used to solve the problems.   
Keywords: mathematical communication, problem solving, personality type.

×
Penulis Utama : Iftitaahul Mufarrihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851408021
Tahun : 2016
Judul : Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Matematika-S851408021-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Riyadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.