Penulis Utama : M. Arifin Dwi Firdian
NIM / NIP : C0911017
×

ABSTRAK
Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengolah ragam hias relief candi Prambanan menjadi motif tekstil untuk cinderamata dengan tema kekinian, menjadi motif tekstil yang akan difungsikan menjadi busana laki-laki. Alasan pemilihan visual ragam hias relief candi karena relief candi Prambanan memiliki visual yang menarik yakni pada bentuk atau visual motif ragam hias flora fauna, sekaligus menawarkan visual yang unik dan menarik.
Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan desain motif dengan pengolahan visual ragam hias relief dengan pertimbangan fungsi busana laki-laki untuk cinderamata.
Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yakni mertode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.
Hasil perancangan tugas akhir ini sebagai berikut: (1) Perancangan motif tekstil untuk cinderamata dengan penerapan ragam hias relief candi Prambanan berhasil membuat 12 desain motif (desain repeat). Keseluruhan desain motif mengolah visual ralief candi Prambanan berupa motif utama yang mengambil terdiri atas ragam hias flora fauna dengan karakter-karakter yang ada di dalam relief candi Prambanan, mengolah dengan menyederhanakan bentuk menjadi titik dan garis-garis (outline) tanpa meninggalkan gaya figuratif dari relief yang terkesan kuno. Ke 12 desain motif yang dibuat secara keseluruhan menawarkan sensasi visual yang bercita rasa modern atau kekinian dengan menampilkan bentuk visual ragam hias relief yang unik dan menarik dengan karakternya yang kaku karena bentuk pahatan candi diolah dengan warna-warna yang berani menjadi busana remaja masakini yang dinamis, dan mengikuti perkembangan gaya hidup modern. (2) Pengaplikasian desain motif yang full repeat ke busana anak muda khususnya laki-laki menghasilkan busana yang berkesan splayfull, dan masa kini ke arah casual. Kriteria pengaplikasian desain motif untuk anak muda, dimana anak muda lebih suka dengan sesuatu yang baru, lain daripada yang lain dan produk ini akan di buat secara massal.
Kata Kunci : Ragam Hias, Relief Candi Prambanan, Cetak Saring 

×
Penulis Utama : M. Arifin Dwi Firdian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0911017
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Ragam Hias Relief Candi Prambanan sebagai Perancangan Motif Tekstil untuk Cinderamata
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Kriya Tekstil-C0911017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarwono, M.Sn.
2. Drs. Felix Ari Dartono, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.