Penulis Utama : Berlian Maya Dewi
NIM / NIP : G0012043
×

Pendahuluan: Dismenore primer didefinisikan sebagai nyeri kram di perut bagian bawah yang terjadi sebelum atau selama menstruasi dengan tidak adanya penyakit lain seperti endometriosis. Kelebihan berat badan dan obesitas meningkatkan biosintesis prostaglandin dan akibatnya meningkatkan keparahan dismenore. Parameter antropometri yang berkaitan dengan obesitas sentral adalah rasio lingkar pinggang-panggul. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan rasio lingkar pinggang-panggul dengan derajat dismenore primer pada siswi SMA Negeri 1 Surakarta.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Surakarta pada Oktober-November 2015. Subjek penelitian adalah siswi kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah simple random sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah rasio lingkar pinggang-panggul, sedangkan variabel terikat adalah derajat dismenore primer. Variabel perancu yang dikendalikan yaitu usia menarche < 12 tahun, merokok, konsumsi alkohol, riwayat keluarga, depresi dan kecemasan. Variabel tidak terkontrol pada penelitian ini yaitu menstruasi dan genetik. Penelitian ini menggunakan uji statistic One Way Anova dan uji post hoc jika memenuhi syarat uji parametrik.
Hasil: Dari analisis data dengan angka kemaknaan a = 0.05 diperoleh nilai
p = 0.114 (p >0.05).
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara rasio lingkar pinggang-panggul dengan derajat dismenore primer pada siswi SMA Negeri 1 Surakarta.
Kata Kunci: Dismenore Primer, RLPP

 

×
Penulis Utama : Berlian Maya Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012043
Tahun : 2016
Judul : Hubungan rasio lingkar pinggang-panggul dengan derajat dismenore primer pada siswi sma negeri 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0012043-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Indriyati, Dra
2. Fikar Arsyad Hakim, dr.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.