Penulis Utama : Halim Semihardjo
NIM / NIP : S5012020022
×

Latar Belakang : Proses penyembuhan luka terjadi segera setelah terjadinya cedera pada kulit dan sel mast berperan penting dalam proses inflamasi pada healing cascade, Sebagai sel residen, sel mast mampu memproduksi beberapa mediator pro inflamasi. Desloratadine adalah antihistamin generasi baru yang memiliki efek stabilisasi sel mast, yang mana menguntungkan proses penyembuhan melalui penghambatan pelepasan mediator pro inflamasi oleh sel mast.
Tujuan : Mengamati efek pemberian desloratadine efektif dalam mengurangi area luka dan infiltrasi sel mast yang terjadi pasca incisi.
Metode : Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain randomized controlled trial. 24 ekor tikus wistar dibagi menjadi tiga kelompok. K1 merupakan kelompok kontrol terdiri dari 8 ekor tikus yang dilakukan incisi sepanjang 2 cm dengan pemberian placebo, K2 merupakan kelompok yang terdiri dari 8 ekor tikus yang dilakukan incisi sepanjang 2 cm yang diberikan parasetamol oral dan K3 merupakan kelompok perlakuan terdiri dari 8 ekor tikus yang dilakukan incisi sepanjang 2 cm yang diberikan desloratadine oral. Setelah 6 hari tikus dimatikan dan dilakukan pengukuran area luka dan infiltrasi sel mast dihitung dengan menggunakan mikroskop.
Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa luas area luka dan infiltrasi sel mast lebih rendah pada kelompok yang diberikan desloratadine (K3) disbanding kelompok kontrol (K1) (p=0.000) dan kelompok parasetamol (K2) (p=0.000).
Kesimpulan : Pemberian desloratadine efektif untuk mengurangi area luka dan infiltrasi sel mast pada luka insisi tikus.
Kata Kunci : Desloratadine , Sel Mast , Inflammation, Penyembuhan luka, Luka incisi

 

×
Penulis Utama : Halim Semihardjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S5012020022
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh desloratadine terhadap penyembuhan luka insisi pada tikus wistar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.5012020022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof DR. dr. H.M. Bambang Purwanto, SpPD-KGH FINASIM
2. Sugeng Budi Santoso, dr., Sp. An, KMN
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.