Penulis Utama : Mahadi Sri Raharjo
NIM / NIP : C0208071
×

Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Problem atau masalah-masalah sosial yang terdapat didalam kumpulan sajak, balada Aku dan Rantai Karya Ciu Cahyono? Kemudian (2) tanggapan pengarang terhadap buku kumpulan sajak Aku dan Rantai Karya Ciu Cahyono?
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) mengetahui apa saja yang masalah – masalah sosial di dalam buku kumpulan sajak Aku dan Rantai Karya Ciu Cahyono, kemudian (2) mengetahui tanggapan pengarang terhadap kumpulan sajak Aku dan Rantai Karya Ciu Cahyono.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer berupa kumpulan sajak Aku dan Rantai yang di terbuitkan oleh Larikata pada tahun 2011, dengan 64 halaman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kata, frasa, kalimat, paragraf yang mengungkapkan fakta cerita dan sarana cerita, serta problem-problem sosial dalam Kumpulan Sajak, balada Aku dan Rantai Karya Ciu Cahyono. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka. Yakni dengan menggunakan sumber-sumber tertulis untuk memperoleh data. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, dan p[enarikan kesimpulan. (1) Reduksi data diartikan sebagai proses pemilihan , pemusatan pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data yang muncul dari catatan tertulis di lapangan. (2) penyajian data, sebagai kumpulan informasi yang tersusun yang memberikan kesimpulan. (3) penarikan kesimpulan didalam penelitian ini diperoleh dari data-data yang telah diolah dan dianalisis pada tahap sebelumnya. Dalam tahap ini menggunakan teknik penarikan kesimpulan induktif yakni penarikan kesimpulan yang melihat permasalahan dari data-data yang bersifat khusus untuk memperoleh kesimpulan yang bersifat umum.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan beberapa hal : (1) Masalah-masalah sosial di dalam buku Kumpulan sajak Aku dan Rantai Karya Ciu Cahyono, meliputi kemiskinan, kejahatan terhadap kemanusiaan.(2) tanggapan pengarang terhadap buku kumpulan sajak Aku dan Rantai Karya Ciu Cahyono. Pengarang didalam penulisan puisinya menganggap bahwa kemiskinan adalah suatu dampak dari sistem pemerintah yang tidak memihak kepada nasib rakyat kecil. Sehingga rakyat kecil tersebut harus dapat menembus sistem yang dibuat oleh pemerintah tersebut. Penyair beranggapan bahwa kemiskinan adalah dampak dari kurangnya perhatian pemerintah terhadap nasib rakyat, pemerintah hanya memikirkan hidup mereka sendiri dengan segala kecukupannya tanpa melihar
rakyatnya. Pengarang menganggap bahwa kemiskinan adalah dampak dari pemerintah yang kurang berpihak terhadap rakyat kecil, hak- hak mereka di dalam menyambung hidup dan memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari diambil oleh pemerintah, pengarang menganggap bahwa kesewenang-wenangan pemerintah harus dilawan, dan memperjuangkan hak asasi dan melawan kesewang-wenangan dari pemerintah adalah suatu keharusan, agar rakyat tidak selalu ditindas. Pengarang beranggapan bahwa kejahatan terhadap kemanusiaan yang meliputi korupsi, nepotisme yang dilakukan oleh elit politik, perampasan kemerdekaan bersuara menyampaikan pendapar, kemudian pelecehan seksual. Ini semua dikarenakan pemerintah kurang tanggap di dalam menangani kasus yang membelit negara ini. Bersifat menyindir pemerintahan,harusnya para elit politik ini malu terhadap apa yang disuarakan oleh rakyat.

 

×
Penulis Utama : Mahadi Sri Raharjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0208071
Tahun : 2016
Judul : Problem sosial kumpulan sajak, balada aku dan rantai karya ciu cahyono Sebuah Pendekatan Sosiologi Sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C.0208071-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wiranta, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.