Penulis Utama : Muhammad Bagus Nugroho
NIM / NIP : K8411051
×

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) bentuk perubahan perilaku siswa kelas XII selama akan menghadapi ujian nasional; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku siswa XII ketika akan mengahadapi ujian nasional; (3) peran orang tua dan instansi pendidikan dalam membentuk perilaku persiapan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini informan diambil dari guru mata pelajaran ujian nasional, siswa kelas XII, orang tua siswa kelas XII. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat Tindakan rasional siswa dalam menghadapi ujian nasional; 2) Terdapat faktor yang mempengaruhi terbentuknya rasionalitas siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional; 3) Kemudian rasionalitas siswa kelas XII menjadi solusi ketika menghadapi ujian nasional. Tindakan rasional siswa ketika akan menghadapi ujian nasional dilihat berdasarkan aspek sosialisasi, aspek lingkungan dan aspek kelompok. Kemudian siswa dibagi menjadi 3 kategori yaitu siswa yang dengan motivasi tinggi dan memiliki fasilitas, siswa bermotivasi rendah minim fasilitas, dan siswa bermotivasi tinggi minim fasilitas.
Kata Kunci : Tindakan Sosial, Ujian Nasional, Max Weber.
 

×
Penulis Utama : Muhammad Bagus Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8411051
Tahun : 2016
Judul : Rasionalitas Siswa Kelas XII dalam Menghadapi Ujian Nasional
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Sosiologi Antropologi-K8411051-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Zaini Rochmad, M.Pd
2. Drs. MH Sukarno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.