Penulis Utama : Siti Fatimah
NIM / NIP : E0011299
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengawasan dan pembinaan Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta (BLH Kota Surakarta) dalam pengelolaan limbah rumah sakit di Surakarta yang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan untuk mengetahui dan menganalisis hambatan apa saja yang dialami oleh BLH Kota Surakarta dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pengelolaan limbah rumah sakit di Surakarta dan apa saja solusinya.
Penelitian ini diambil dengan metode penelitian hukum yuridis empiris dengan sifat penelitian deskriptif dan analisis. Dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dan sumber data penelitian menggunakan data primer dengan melalui wawancara dan data sekunder berupa buku-buku, perundang-undangan, dokumen-dokumen resmi dan hasil-hasil penelitian yang berwujud laporan. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasinya.
Simpulan dari penelitian ini pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh BLH Kota Surakarta sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yakni membuat kebijakan, yang kebijakan tersebut terdapat penjabaran tugas pokok dan fungsi yang tercantum dalam Peraturan Walikota Surakarta Nomor 29 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta. Selain itu BLH Kota Surakarta juga berdasar pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Hasil dari program tersebut berupa Taat dan Belum taat. Sedangkan hasil pengawasan dan pembinaan BLH Kota Surakarta berupa Belum Taat. Kendala yang dihadapi oleh BLH Kota Surakarta dalam pengawasan dan pembinaan yaitu masalah prosedural dari pihak rumah sakit, kurangnya personil dan juga tidak memiliki laboratirum yang mendukung kegiatan.
Kata kunci : pengawasan dan pembinaan, Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
ABSTRACT
This study aims to to know and to analyze supervision and development environmental board city surakarta (BLH City Surakarta) in waste management hospital in surakarta that is reviewed of Act No. 32 Years 2009 on the Protection and Environmental Management and to know and to analyze obstacles whatever experienced by BLHCity Surakarta in monitoring and guiding waste management hospital in surakarta and whatever the solution.
This research taken with research methodology juridical law empirical to the nature of research descriptive and analysis.In the research also used a qualitative approach to the type and data sources the research uses data research primary data with through interviews and secondary data of books, legislation, official documents and research results types report.While technique data analysis in this research using a technique qualitative data analysis by reduction data, presentation of data then withdrawal conclusions and verifikasinya.
Drawing conclusions from the study supervision and development by BLHCity Surakarta is in line with Act No. 32 Years 2009 on the Protection and Environmental Management, namely made a policy, whose policies that side of description of the tasks and functions of listed in the mayor surakarta number 29 years 2008 on the main task, function and work systems environmental board city surakarta.In addition blh city surakarta also based on Regulation Environment Minister the Republic of Indonesia No. 3 Years 2014 about the Program Assessment Rank the Company Performance in the Management of Environment .The result of the program of Obedient and Not Obedient.While the results of supervision and development BLHCity Surakarta of Not Obedient.Obstacles faced by BLHCity Surakarta in supervision and development and that problem procedural of the hospital, lack of personnel and also do not have laboratirum that supports activities.
Password: supervision and guidance, environmental board the city of surakarta, the act no.32/2009 on the protection and management of the living environment.

×
Penulis Utama : Siti Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011299
Tahun : 2015
Judul : Peran Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta dalam Pengawasan dan Pembinaan Pengelolaan Limbah Rumah Sakit di Surakarta Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011299-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani
2. Rosita Candrakirana, S.H,.M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.