Penulis Utama : Resa Pratama Mulya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I.0111088
Tahun : 2016
Judul : Kapasitas lentur balok beton tulangan bambu petung takikan tidak sejajar tipe u lebar 1 dan 2 cm pada tiap jarak 10 cm terhadap tulangan baja
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0111088-2016
Subyek : BETON
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pembuatan rumah-rumah sederhana tentu mengakibatkan kebutuhan akan beton bertulang baja akan semakin meningkat, sedangkan untuk bahan baku baja berupa bijih besi akan semakin berkurang dan menjadi barang yang sulit ditemui. Hal tersebut mengakibatkan harga tulangan baja dipasaran yang akan semakin mahal. Para ahli struktur telah meneliti kemungkinan material lain yang dapat menggantikan peran tulangan baja, seperti yang dilakukan oleh Morisco (1996) yaitu dengan menggunakan bambu sebagai tulangan beton. Bambu dapat menjadi alternatif bahan pengganti tulangan baja pada balok beton bertulang yang lebih ramah lingkungan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kapasitas lentur pada balok beton tulangan bambu petung takikan tidak sejajar tipe u dengan lebar takikan 10 mm dan 20 mm pada tiap jarak 100 mm. Bambu yang digunakan pada penelitian ini adalah bambu petung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jumlah benda uji 18 buah. Dimensi bambu yang digunakan adalah panjang 1650 mm, lebar 20 mm dan tebal 5 mm. Benda uji berbentuk balok dengan dimensi panjang 1700 mm, lebar 110 mm dan tinggi 150 mm. Enam buah balok menggunakan tulangan takikan 1 cm, enam buah balok menggunakan tulangan takikan 2 cm, dan sisanya menggunakan tulangan baja. Mutu beton minimal 17,5 MPa. Uji lentur dilakukan pada umur 28 hari dengan metode two point loading.
Nilai kapasitas lentur hasil pengujian balok beton tulangan bambu adalah 304,1 kgm untuk lebar takikan 10 mm dan 387,8 kgm untuk lebar takikan 20 mm. Kapasitas lentur hasil pengujian balok beton tulangan baja adalah 568,6 kgm, dengan kata lain kapasitas lentur balok tulangan bambu lebar takikan 10 mm adalah 53,48 % dan kapasitas lentur balok tulangan bambu lebar takikan 20 mm adalah 68,22 % dari kapasitas lentur balok tulangan baja.
Kata Kunci : balok beton tulangan bambu, beton tulangan bambu, kapasitas lentur, tulangan bambu

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
img22.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setiya Budi, ST, MT
2. Ir. Slamet Prayitno, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik