Penulis Utama : Luluk Dwi Nugrohowati
NIM / NIP : G0108071
×

ABSTRAK
Mahasiswa tahun pertama menghadapi berbagai permasalahaan berkaitan dengan
peralihannya menjadi mahasiswa serta keputusan untuk hidup mandiri.
Mahasiswa tahun pertama mengalami perubahan besar dalam perkembangannya karena
bertemu dengan lingkungan baru dan rumit yang belum pernah ditemui sebelumnya.
Sehingga mahasiswa tahun pertama memerlukan penyesuaian sosial untuk dapat menyelarasakan diri dengan lingkungan baru. Kelekatan yang aman dan keterbukaan diri diharapkan meningkatkan penyesuaian sosial pada mahasiswa tahun pertama. Kelekatan yang aman dengan orang tua dapat mengatasi tekanan serta melakukan penyesuaian sosial selama masa peralihan di lingkungan perguruan tinggi.
Mahasisiwa tahun pertama dengan keterbukaan diri dapat berkomunikasi dengna orang lain, menigkatkan kepercayaan diri serta hubungan menjadi lebih akrab.
Penelitina ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan yang amann dan keterbukaan diri dengan penyesuaian sosial pada mahasiswa angkatan 2015 psikologi UNS. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2015 psikologi UNS dengan kriteria tinggal di kos dan memiliki orang tua lengkap sejumlah 47 mahasiswa. Sampling yang digunkan adalah sampling jenuh karena jenis penelitian adalah penelitian populasi. Alat ukur yang digunakan adalah skala daya beda aitem skala penyesuaian sosial adalah 0.477 sampai dengan 0,787 dan reliabilitasnya 0,882. Indeks daya beda item skala kelekatan yang aman adalah 0.485 sampai edngan 0,791 dan reliabilitasnya 0,870. Indeks daya beda sakal
keterbukaan diri adalah 0,354 sampai dengan 0,769 dan reliabilitasnya 0,916. Analisis data menggunakan analisis Chi Square.
Hasil pengolahan data diperoleh coefficient contingency antara kelekatan yang aman dengan penyesuaian sosial sebesar 0,959; p=0,000 (p<0,05) sehingga menunjukkan hippotesis diterima. Coefficient contingency pada masing-masing hubungan mendekati satu yang menandakan hubungan yang terjadi antarvariablel sangat kuat.
Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan anatara kelekatan yang aman dengan penyesuaian sosial mahasiswa angkatan 2015 psikologi UNS dan keterbukaan diri dengan penyesuaian sosial mahasiswa angkatan 2015 psikologi UNS.
Kata kunci : penyesuaian sosial, kelekatan yang aman, keterbukaan diri, mahasiswa tahun pertama

×
Penulis Utama : Luluk Dwi Nugrohowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0108071
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Kelekatan Yang Amna dan Keterbukaan Diri Dengan Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Angkatan 2015 Psikologi UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Jur.Psikologi-G.0108071-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Salimah Lilik, M.Si., Psikolog
2. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.