Penulis Utama : Sinatria Noor Wakhid
NIM / NIP : I0311032
×

Pemerintah Indonesia berupaya dalam meningkatkan iklim kewirausahaan sesuai yang diamanantakan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008. Upaya tersebut salah satunya adalah strategi membentuk dukungan kelembagaan yaitu lembaga inkubator yang berfungsi mirip sebagai Business Development Services (BDS). Terdapat beberapa lembaga inkubator yang ada di Indonesia antara lain, Balai Inkubator Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BIT-BPPT) yang sudah berjalan sejak tahun 2002. Pada tahun 2013 jumlah tenant atau peserta inkubasi mencapai 53 tenant, sedangkan yang lulus atau graduate dan dinyatakan sebagai pengusaha adalah 10 tenant.
Walaupun sudah berjalan sepuluh tahun, BIT-BPPT masih menemui kendala internal. Kendala tersebut adanya pengelolaan data dan dokumen masih dilakukan secara manual dan terpisah atau tidak terpusat. Berdasarkan kendala yang ditemui oleh BIT-BPPT, maka diperlukan suatu sistem informasi manajemen yang terkomputerisasi dan terpusat. Penelitian ini menggunakan dua metode perancangan, yaitu metode pengembangan sistem dengan menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dan metode pemodelan proses menggunakan Unified Modelling Process (UML). Hal ini dikarenakan metode SDLC dan UML merupakan pemodelan proses yang relevan untuk perusahaan atau organisasi yang memiliki fokus pengembangan sistem informasi manajemen yang baru dan metode ini merupakan metode analisis berbasis objek.
Penelitian ini menghasilkan functional requirement sebanyak 14 functional requirement dan 9 non functinal requirement. Rancangan sistem informasi manajemen Talent Scouting merupakan aplikasi web-based dan aplikasi ini belum diuji pada kondisi nyata saat kegiatan Talent Scouting. Akan tetapi, setiap fungsi yang ada pada aplikasi ini sudah dianalisis dan diuji bahwa fungsi tersebut berjalan dengan baik. Perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut agar sistem informasi manajemen Talent Scouting dapat mendukung semua aktivitas dalam kegiatan talent scouting. Aktivitas tersebut khususnya pada acara kegiatan Technopreneur Camp yaitu pengelompokkan penginapan peserta, pengelompokkan peserta untuk presentasi business plan, penentuan jadwal presentasi, dan lain-lain.
Kata kunci: talent scouting, sistem informasi manajemen, identifikasi kebutuhan, technocamp, calon tenant

 

×
Penulis Utama : Sinatria Noor Wakhid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0311032
Tahun : 2016
Judul : Perancangan sistem informasi manajemen talent scouting di balai inkubator teknologi badan pengkajian dan penerapan teknologi (bit-bppt)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I.0311032-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusuf Priyandari S.T., M.T
2. Dr. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.