Penulis Utama : Rias Rumanggar
NIM / NIP : C0108049
×

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah struktur Serat Mardibrata yang berbentuk tembang yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia ?, 2). Bagaimanakah analisis Sosiologi sastra dalam ajaran kesatunan jawa yang terdapat dalam Serat Mardibrata ?, 3). Bagaimanakah tanggapan masyarakat tentang bentuk ajaran dalam Serat Mardibrata dalam kehidupan masyarakat jaman sekarang ?.
Tujuan penelitian yang diggunakan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur tembang dalam Serat Mardibrata, yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, serta lapis dunia. Serta mendiskripsikan bentuk ajaran yang terdapat dalam Serat Mardibrata. Serta mendeskripsikan pandangan masyarakat tentang ajaran dalam Serat Mardibrata.
Landasan teori yang diggunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori pendekatan structural danpengertian sosiologi sastra.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sastra dengan bentuk metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berbentuk teks Serat Mardibrata yang sudah dianalisis secara filologis oleh Yenni Ernawati mahasiswa Fakultas sastra dan seni rupaUniversitas Sebelas Maret tahun 2005 dengan judul Serat Mardibrata sebuah tinjauan Filologis. Data yang digunakan adalah unsur-unsur struktur karya sastra berupa lapis bunyi, lapis arti dan lapis objek.
Hasil penelitian meninjukan bahwa secara structural Serat Mardibrata disusun dengan memajukan banyak sasrana sastra. Pada lapis bunyi memanfaatkan sarana asonansi, aliterasi. Lapis arti memanfaatkan padan kata, tembang garba, tembang wuncah, pepindhan, citra pendengaran, citra penglihatan serta aligori, lapis objek, latar serta pelaku, lapis dunia. Sosiologi sastra dalam penelitian ini mampu menyebutkan konsep sebagai manusia jawa yang memiliki sopan santun dalam masyarakat.

 

×
Penulis Utama : Rias Rumanggar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0108049
Tahun : 2016
Judul : Aspek kesantunan jawa dalam serat mardibrata (Analisis Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C.0108049-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs, Aloysius Indratmo, M.Hum
2. Prof. Sahid Teguh Widodo,S.S, M,Hum, ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.