Penulis Utama : Himawan Adi Nugroho
NIM / NIP : D0308076
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi perilaku petani rasional dalam pembelian sepeda motor kredit serta penggambaran manfaat sepeda motor kredit bagi para petani rasional. Lokasi penelitian ini berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Adapun alasan pemilihan lokasi adalah karena pekerjaan sebagai petani padi merupakan mata pencaharian pokok di Desa Ngadirejo serta penduduk di Ngadirejo sebagian besar membeli sepeda motor secara kredit. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun yang akan dijadikan responden untuk penelitian ini meliputi 5 orang petani yang melakukan pembelian kendaraan bermotor roda dua dengan sistem kredit, serta 7 orang informan yang terdiri dari para warga Desa Ngadirejo. Responden dan informan dipilih berdasarkan klasifikasi usia (tua dan muda) Jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), serta tingkat pendidikan (tinggi, rendah dan sedang).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh faktor sosial-ekonomi pada perilaku petani rasional dalam pembelian sepeda motor kredit. Hal tersebut terlihat dengan adanya pertimbangan-pertimbangan secara rasional yang dilakukan oleh para petani di Desa Ngadirejo sebelum melakukan kredit sepeda motor. Dalam pembelian sepeda motor tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi hasil panen, sewa lahan, gaji diluar pertanian dan faktor eksternal meliputi brosur, faktor imitasi atau meniru tetangga. Kemudian pemanfaatan sepeda motor kredit untuk sarana transportasi dari rumah ke kantor, untuk sarana pembelian saprodi pertanian, untuk sarana distribusi hasil panen dari sawah ke truk angkut dan untuk keperluan lain-lain anggota keluarga. Pemanfaatan tersebut didasarkan pada berbagai tindakan-tindakan rasional yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas baik dalam hal pertanian, sosial, serta aspek ekonomi lainnya.
Kata Kunci : Perilaku, Petani Rasional, Sepeda Motor Kredit.

 

×
Penulis Utama : Himawan Adi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0308076
Tahun : 2016
Judul : Perilaku petani rasional dalam membeli sepeda motor kredit dan faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi kredit sepeda motor (Studi Kualitatif Di Desa Ngadirejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D.0308076-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mahendra Wijaya, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.