Penulis Utama : Prasdita Novriandi
NIM / NIP : I0111082
×

Salah satu metode pemeliharaan perkerasan lentur yaitu pelapisan ulang. Namun pelapisan ulang yang dilakukan secara terus-menerus, akan mengakibatkan masalah yang kompleks. Thin Surfacing Hot Mix Asphalt (TSHMA) merupakan teknologi untuk mengurangi ketebalan pada pelapisan ulang yang memiliki ketebalan sekitar 20-40mm. Karena TSHMA menghasilkan nilai stabilitas pada uji Marshall yang rendah, maka diperlukan modifikasi pada aspal untuk meningkatkan nilai stabilitas. Ethylene Vinyl Acetate (EVA) merupakan jenis plastomer yang dapat menjadi bahan tambah pada aspal karena memiliki kelebihan untuk meningkatkan nlai stabilitas. Penelitian ini bertujian untuk mengetahui kadar aspal optimum (KAO) dan karakteristik Marshall pada TSHMA menggunakan aspal modifikasi EVA. Penelitian ini juga membandingkan hasil penelitian dengan karakteristik Marshall TSHMA menggunakan aspal Retona Blend 55 dan Aspal Penetrasi 60/70.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini melakukan pengujian Marshall dengan gradasi medium dari National Asphalt Pavement Association, North Carolina. KAO didapat dengan melakukan pengujian Marshall terhadap 5 varian job mix dengan kadar aspal (Pb-1)%, (Pb-0,5)%, (Pb)%, (Pb+0,5)%, (Pb+1)%. Aspal yang digunakan adalah Aspal penetrasi 60/70 yang dimodifikasi dengan EVA hasil dari penelitian Mawid D. (2015). Penelitian ini menganalisis hasil karakteristik Marshall TSHMA menggunakan aspal modifikasi EVA yang menjadi data primer dan membandingkan dengan data sekunder TSHMA menggunakan Aspal Retona Blend 55 dan Aspal Penetrasi 60/70 yang menggunakan gradasi yang sama pada penelitian S. Sukmana, (2014).
Pada penelitian ini menghasilkan KAO sebesar 5.80 %, stabilitas 930kg, Marshall Quotient sebesar 310 kg/mm, Flow sebesar 2.9 mm, Porositas sebesar 3.91%, dan Sg mix sebesar 2.13 gr/cc. Nilai stabilitas TSHMA menggunakan aspal modifikasi EVA menghasilkan nilai 77% lebih besar apabila dibandingkan dengan TSHMA menggunakan Aspal Retona Blend 55 dan 43% lebih besar apabila dibandingkan dengan Aspal Penetrasi 60/70 dan memenuhi standar LASTON AC-WC Bina Marga.
Kata kunci: Ethylene Vinyl Acetate (EVA), Lapis Tipis Campuran Aspal Panas, Marshall Test, Thin Surfacing Hot Mix Asphalt (TSHMA).

 

×
Penulis Utama : Prasdita Novriandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0111082
Tahun : 2016
Judul : Sifat-sifat marshallpada lapis tipis campuran aspal panas menggunakan aspal modifikasi ethylene vinyl acetate (eva) Marshall Characteristics in Thin Surfacing Hot Mix Asphalt using Ethylene Vinyl Acetate (EVA)-modified Asphalt.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0111082-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., P.hD
2. Ir. Djumari, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.