Penulis Utama : Salsha Amalia
NIM / NIP : G0012203
×

Latar Belakang: Stroke mempengaruhi 15 juta orang pertahun di seluruh dunia, kurang lebih 87% dari seluruh kejadian stroke berupa stroke non hemoragik dan 13% berupa stroke hemoragik. Pasien paska stroke mengalami berbagai masalah kecacatan fisik seperti kelemahan atau kelumpuhan separuh badan, kesulitan berjalan atau gangguan keseimbangan, mandi, makan dan inkontinensia urin. Gangguan akibat stroke sering menimbulkan gejala sisa yang dapat menjadi kecacatan menetap yang selanjutnya membatasi fungsi seseorang dalam Activity of Daily Living (ADL) atau aktivitas kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan tingkat kemandirian dalam Activity of Daily Living antara pasien paska stroke hemoragik dengan non hemoragik.
Metode: Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan menggunakan desain cross sectional. Subyek penelitian adalah pasien paska stroke dengan onset satu bulan. Jumlah subyek yang diteliti adalah 30 orang, yaitu 15 pasien paska stroke hemoragik dan 15 pasien paska stroke non hemoragik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dilakukan penilaian Activity of Daily Living pada sampel menggunakan kuesioner Indeks Barthel. Selanjutnya, sampel dikelompokkan menjadi independen dan dependen. Analisis data menggunakan uji Chi Square, kemudian diolah dengan Statistical Product And Service Solution (SPSS) 20.00 for Windows.
Hasil: Jumlah pasien stroke hemoragik dengan kemampuan Activity of Daily Living independen 73,3% dan dependen 26,7%, sedangkan pasien stroke non hemoragik dengan kemampuan Activity of Daily Living independen 60% dan dependen 40%. Pada analisis data dihasilkan p = 0,439 (p > 0,005).
Simpulan: Tidak terdapat hubungan signifikan pada tingkat kemandirian Activity of Daily Living antara pasien paska stroke hemoragik dengan non hemoragik.
Kata kunci: pasien paska stroke, hemoragik, non hemoragik, Activity of Daily Living (ADL).

 

×
Penulis Utama : Salsha Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012203
Tahun : 2016
Judul : Hubungan tingkat kemandirian activity of daily living antara pasien paska stroke hemoragik dengan non hemoragik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0012203-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Desy Kurniawati Tandiyo, dr., Sp. KFR
2. R.Aj. Sri Wulandari, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.