Penulis Utama : Erna Migita
NIM / NIP : S841408008
×

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) pilihan kata (diksi), (2) gaya kalimat, (3) gaya wacana, (4) bahasa figuratif, (5) citraan, (6) nilai pendidikan karakter, dan (7) relevansi novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII. Penelitian ini menggunakan kajian stilistika yang kelima unsurnya dapat diketemukan dalam novel. Kelima unsur tersebut beserta nilai pendidikan karakter yang terkandug dalam novel akan direlevansikan sebagai bahan ajar di SMA kelas XII.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf sedangkan sumber data penelitian ini berupa sumber data dokumen dan data informan. Sumber data dokumen berasal dari novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy sedangkan sumber data informan berasal hasil wawancara seorang Guru. Teknik sampling juga digunakan dalam penelitian ini guna menganalisis dan pengklasifikasian terhadap data stilistika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini berupa triangulasi, meliputi triangulasi teori, sumber, dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy mempunyai gaya mayoritas berupa pilihan kata (diksi), gaya kalimat, gaya wacana, bahasa figuratif, dan citraan, serta mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Hail penelitian novel tersebut juga mempunyai relevansi dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pilihan kata (diksi) sebanyak 292 data, berikut rinciannya: kata konotatif 109 data (42.25%), kata konkrit 22 data (8.53%), dan kata serapan dari bahasa asing 127 data 49.22%). Gaya kalimat sebanyak 131 data berikut rinciannya: klimaks 10 data (7.64%), antiklimaks 7 data (5.34%), dan repetisi 114 data (87.02%) sedangkan gaya wacananya sejumlah 8 data, berikut rinciannya: campur kode 3 data (37.5%) dan repetisi 5 data (62.5%). Bahasa figuratif sebanyak 43 data, berikut rinciannya: majas sebanyak 31 data (72.1%) yang terdiri atas majas simile 7 data, majas personifikasi 12 data, majas metafora 4 data, dan majas hiperbola 8 data, sedangkan idiom sebanyak 12 data atau 27.9%. Citraan yang banyak ditemukan berupa penglihatan sebanyak 52 data (27.37%), pendengaran sebanyak 44 data (23.16%), dan gerak sebanyak 94 data (49.47%). Nilai pendidikan karakter dalam novel terdiri atas 15 nilai. Keseluruhan unsur tersebut mempunyai relevansi sebagai pembelajaran bahasan Indonesia di SMA kelas XII.
Kata kunci: novel Cinta Suci Zarana, stilistika, nilai pendidikan karakter, relevansi.

 

×
Penulis Utama : Erna Migita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841408008
Tahun : 2016
Judul : Cinta suci zahrana karya habiburrahma el shirazy: kajian stilistika dan nilai pendidikan karakter serta relevansinya dengan pembelajaran bahasa indonesia di sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841408008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suyitno, M.Pd
2. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.