Penulis Utama : Rido Alino
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8612040
Tahun : 2015
Judul : Rancang Bangun Bagian Transmisi pada Mesin Penggiling Bahan Jamu
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8612040-2015
Subyek : MESIN PENGGILING
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAKS
Jamu merupakan obat-obatan herbal tradisional dari Indonesia yang kini ramai diproduksi karena khasiatnya mengobati berbagai macam penyakit. Industri rumahan juga banyak yang memproduksi jamu dengan skala kecil dengan menggunakan mesin penggiling jamu dengan sumber tenaga motor bensin. Tujuan proyek akhir ini adalah memodifikasi dan merancang mesin penggiling jamu yang sudah ada agar lebih hemat, ramah lingkungan, tidak berisik, mudah pengoperasiannya dan hasil yang lebih baik.
Langkah-langkah yang dilakukan yaitu survey lapangan, kemudian menganalisa dan memodifikasinya kembali. Sistem transmisi yang digunakan adalah sabuk dan puli yang disusun sedemikian rupa agar dapat digunakan sebagai tempat penampung serbuk jamu dan lemari pada rangka.
Berdasarkan hasil perancangan digunakan motor listrik dengan daya 1 hp untuk memutar disk mill, dan menggunakan puli dengan diameter 60 mm untuk disk mill dan puli 89 mm untuk motor listrik. Poros disk mill menggunakan besi ST 37 dengan diameter 15 mm dengan panjang 105 mm. Dari perhitungan didapat hasil 4,37 mm sebagai batas minimal penggunaan diameter poros diskmill, dan dari hasil ini maka rancangan mesin penggiling bahan pembuatan jamu ini dinyatakan aman.
Kata kunci : mesin penggiling, motor listrik, jamu, transmisi.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
IMG_20160223_0001.pdf
Bab 0.pdf
5. BAB 1.pdf
6. BAB II.pdf
7. BAB III.pdf
8. BAB IV.pdf
9. BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Teguh Triyono, S.T., M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik