Penulis Utama : Irawan Wisnu Kuncoro
NIM / NIP : S991302009
×

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan model pembelajaran, menghasilkan prototype model pembelajaran, mengetahui hasil uji coba prototype model pembelajaran, serta keefektifitas model pembelajaran. Prosedur penelitian yang digunakan mengacu design and development research menurut Borg and Gall yang meliputi 8 tahap pegembangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam uji lapangan adalah stratified cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 3 Sekolah yang sudah dikategorikan tinggi, sedang dan rendah menurut peringkat sekolah di kabupaten Boyolali.
Penerapan model pembelajaran project-based learning berbantuan media pembelajaran flashcard terdiri dari 3 (tiga) tahap dan menggunakan metode one group pretest-postest. Tahap pertama adalah uji coba terbatas yang terdiri dari 12 siswa dan tahap kedua adalah uji coba luas terdiri dari 24 siswa, menunjukan hasil yang efektif. Tahap ketiga adalah uji coba lapangan kategori sekolah sedang dan rendah, menunjukkan hasil yang efektif. Sedangkan untuk kategori sekolah tinggi kurang efektif.
Hasil penelitian dan pengembangan menyimpulkan: (1) model pembelajaran project-based learning berbantuan media pembelajaran flashcard yang dikembangkan telah dinyatakan valid. (2) model pembelajaran project-based learning berbantuan media pembelajaran flaschard yang telah dikembangkan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: model pembelajaran, media pembelajaran flashcard, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Irawan Wisnu Kuncoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991302009
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan model project based learning berbantuan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi sma di Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S.991302009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi M.Si
2. Dr. Wiedy Murtini M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.