Penulis Utama : Putri Ayu Nurrohmah
NIM / NIP : K6411048
×

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui implementasi teknik penilaian sikap Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Sambirejo, 2) untuk mengetahui implementasi teknik penilaian sikap sesudah kembali ke KTSP di SMK Negeri 1 Sambirejo, dan 3) untuk mengetahui pencapaian tujuan sikap kewarganegaraan pada KTSP di SMK Negeri 1 Sambirejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan wawancara dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi teknik penilaian sikap pada Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Sambirejo menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya (antar peserta didik) dan jurnal. Indikator penilaian sikap kewarganegaraan dimasukkan dalam setiap sikap yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, dan toleransi. Beberapa indikator tersebut sebagian masih terdapat indikator sikap peserta didik terhadap proses pembelajaran dan ada indikator untuk kompetensi keterampilan kewarganegaraan. 2) Implementasi teknik penilaian sikap sesudah kembali ke KTSP di SMK Negeri 1 Sambirejo menggunakan teknik observasi yang diisi oleh guru yang dilakukan satu kali. Rumusan indikator untuk aspek sikap/afektif hanya mencakup pada satu kompetensi dasar dan sebagian besar merupakan penilaian kognitif. Sehingga dengan tidak dirumuskannya indikator sikap pada setiap kompetensi dasar maka dapat diketahui bahwa guru tidak melaksanakan penilaian sikap. 3) Pencapaian tujuan sikap kewarganegaraan pada KTSP di SMK Negeri 1 Sambirejo tidak tercapai karena guru tidak merumuskan indikator pencapaian kompetensi sikap/afektif untuk sikap kewarganegaraan pada setiap kompetensi dasar dan hanya terdapat pada salah satu kompetensi dasar. Penilaian sikap yang digunakan guru menunjukkan bahwa dalam indikator lebih banyak menilai objek sikap peserta didik terhadap proses pembelajaran daripada indikator objek sikap berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan materi pembelajaran.
Kata Kunci: Implementasi, Penilaian, Sikap Kewarganegaraan

 

×
Penulis Utama : Putri Ayu Nurrohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6411048
Tahun : 2016
Judul : Implementasi pemberlakuan kurikulum 2013 dan ktsp terhadap penilaian sikap kewarganegaraan (Studi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sambirejo, Kabupaten Sragen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6411048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Machmud Al Rasyid, S.H., M.Si
2. Wijianto S.Pd., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.