Penulis Utama : Tri Agung Bagus Kurniadi
NIM / NIP : K5610079
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI MM 2 SMK Negeri 7 Surakarta Tahun Ajran 2014/2015, melalui penerapan alat bantu.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MM 2 SMK Negeri 7 Surakarta yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 15 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar passing bawah bolavoli. analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan alat bantu pembelajaran untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan passing bawah bolavoli sehingga keterampilan passing bawah bolavoli siswa masih rendah dan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 59,25%, sedangkan pada siklus II mencapai 85,18%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas XI MM 2 SMK Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci: penerapan alat bantu, passing bawah bolavoli.

 

×
Penulis Utama : Tri Agung Bagus Kurniadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5610079
Tahun : 2016
Judul : Upaya peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui penerapan alat bantu pada siswa kelas xi mm 2 smk negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K.5610079-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanto, M.Pd
2. Rumi Iqbal Doewes, S.Pd, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.