Penulis Utama : Nirwana Hapsari
NIM / NIP : C9612019
×

ABSTRAK
Penulisan laporan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi permasalahan a)bagaimana penggunaan metode Jigsaw dan Recitation dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa menguasai kosakata bahasa Mandarin, b)apa sajakah kelebihan dan kekurangan menggunakan metode Jigsaw dan Recitation. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan menggunakan metode Jigsaw dan Recitation dalam menarik minat siswa dalam belajar kosakata bahasa Mandarin, juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode Jigsaw dan Recitation dalam pembelajaran bahasa Mandarin.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.
Hasil penulisan laporan Tugas Akhir dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin diterima siswa dengan baik. Dibuktikan dari tulisan aksara Mandarin yang ada di lembar latihan siswa dan kemajuan dalam menghafal kosakata bahasa Mandarin. Kelas IX awalnya mendapat nilai rata-rata 70 lalu meningkat rata-ratanya menjadi 77, meskipun siswa belum sepenuhnya paham namun siswa tetap mau berusaha belajar bahasa Mandarin. Ada beberapa hambatan dalam mengajar yaitu ada beberapa siswa yang bosan dan ada beberapa siswa yang bingung dalam mengerjakan latihan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperhatikan kondisi siswa di dalam kelas dan mendampingi siswa yang mengalami kesulitan.
Kesimpulan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dengan metode Jigsaw dan Recitation di SMP Dharma Pancasila Surakarta dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran kosakata dan meningkatkan rasa percaya diri, sosial, dan tanggungjawab meskipun dalam penerapannya kurang efisien karna memerlukan waktu yang lama.
Kata Kunci: Pembelajaran, Jigsaw, Recitation

×
Penulis Utama : Nirwana Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9612019
Tahun : 2016
Judul : Pembelajaran Interaktif untuk Menguasai Kosakata Bahasa Mandarin Melalui Metode Jigsaw dan Recitation di SMP Dharma Pancasila Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2016
Program Studi : D-3 Sastra Tionghoa
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Prog. DIII Bahasa Cina-C9612019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Stephanie Phanata, B.Ed., M.TCSOL
2. Sunyoto, S.E., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.