Penulis Utama : Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti
NIM / NIP : K4311080
×

ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan berpendapat peserta didik kelas XI-IIS  1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015  pada materi Sistem Imunitas. Hasil observasi Pra-siklus menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan berjumlah 27  pertanyaan. Kualitas pertanyaan berada pada tingkatan berpikir C1 dan C2,  sedangkan pada dimensi pengetahuan berada pada dimensi konseptual. Kuantitas pendapat siswa menunjukkan skor  kuantitas kategori pembicaraan siswa berupa claim sebesar 5,66 %  dan pembicaraan  siswa berupa claim dan ground sebesar 1,88 % dari total tipe pembicaraan yang muncul selama proses pembelajaran. Kualitas pendapat siswa berada pada level 1 dan level 2 menurut level pendapat Toulmin. Hasil observasi tersebut menunjukkan kurangnya keterampilan bertanya dan berpendapat siswa. Peningkatan keterampilan bertanya dan berpendapat siswa ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry.   
Metode pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data berupa pertanyaan siswa dan tipe pembicaraan siswa berupa claim dan ground pada setiap sintak model pembelajaran guided inquiry di masing-masing siklus tindakan. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data metode sedangkan analisis data dilakukan melalui deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian berupa kuantitas pertanyaan pada siklus I dan II secara berurutan berjumlah 212 pertanyaan dan 103 pertanyaan. Kualitas pertanyaan peserta didik berada pada tingkatan kemampuan berpikir C1, C2, C3, C4,  dan C5, sedangkan pada dimensi pengetahuan berada pada dimensi faktual, konseptual, proseduran dan metakognisi.  Kuantitas kategori pembicaraan siswa berupa claim pada siklus I dan II secara berturut-turut sebesar 40,32 % dan  36,45 %. Kuantitas kategori pembicaraan siswa berupa claim dan ground pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut sebesar  23,77 % dan 25,34 %.  Kualitas pendapat siswa berada pada level 1, level 2, level 3 dan level 4 menurut level pendapat Toulmin. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided inquiry mampu meningkatkan keterampilan bertanya dan berpendapat siswa. Peningkatan yang terjadi bervariasi di setiap siklus.
Kata Kunci : Guided Inquiry, keterampilan bertanya, keterampilan berpendapat,

×
Penulis Utama : Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4311080
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Berpendapat pada Materi Sistem Imunitas Siswa Kelas XI-IIS1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4311080-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.rer.nat Sajidan M.Si
2. Umi Fatmawati, S.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.