Penulis Utama : Aris Gunawan
NIM / NIP : S501108012
×

ABSTRAK
Latar belakang. Patogenitas perbedaan derajat penyakit dermatitis atopik pada anak saat ini belum banyak dimengerti dan diduga dipengaruhi oleh kadar IgE dan eosinofil sebagai agen imunitas pada tubuh. Kadar IgE tertinggi antara 9-15 tahun.
Tujuan penelitian. Untuk menganalisis hubungan kadar imunoglobulin E dalam serum dan eosinofil darah dengan derajat penyakit pada penderita dermatitis atopik siswa SLTP.
Metode. Penelitian ini bersifat crosssectional dengan mengambil subyek penelitian anak SLTP di Surakarta yang memenuhi kriteria diagnosis dermatitis atopik pada bulan Januari - September 2015. Setiap subyek dilakukan pengukuran skoring derajat keparahan dan dibagi menjadi dermatitis ringan, sedang, dan berat. Sampel darah diambil dari setiap subyek untuk dilihat kadar IgE dan kadar eosinofil absolut. Analisis data menggunakan uji korelasi untuk melihat hubungan kadar Ig E dan kadar eosinofil absolut dengan derajat penyakit DA.
Hasil. Didapatkan 30 anak yang memenuhi kriteria dermatitis atopik. Rerata usia subyek adalah 13 tahun 6 bulan dan rasio lelaki : perempuan 1:1,72. Sebanyak 19 anak (67%) menderita dermatitis atopik ringan, 11 anak (33%) dermatitis atopik  sedang, dan tidak ada anak yang menderita dermatitis berat. Kadar IgE dan eosinofil pada kedua kelompok berbeda secara signifikan (p 0,001 & 0,002) dengan rerata IgE dan kadar eosinofil absolut adalah 129,9 IU/ml & 171 sel/ µl pada dermatitis atopik ringan dan 994,8 IU/ml & 343 sel/µl pada dermatitis atopik sedang.Hasil analisis korelasi Spearman antara kadar IgE dengan kadar eosinofil, didapatkan korelasi positif (r=-0,64) yang secara statistik bermakna (p<0,001).
Kesimpulan. Peningkatan kadar IgE dan jumlah eosinofil berhubungan dengan peningkatan derajat penyakit dermatitis atopik pada anak
Kata kunci
Imunoglobulin E, eosinofil, derajat penyakit dermatitis atopik
ABSTRACT
Background. Theseverity diversity of atopic dematitis (AD) features in children is understand to have an unclear mechanism. Immunoglobulin E titer and eosinophil are expected to influence the severity. The highestIgEtitersis at the age number of 9 to15years old.
Aim.To analyze the Ig E titer and eosinophil absolute count (EAC) correlations for atopic dermatitis severity in children
Method. This was a crosssectionalstudy which measured the Ig E titer and EAC among atopic dermatitis children in Surakarta junior high school. Atopic dermatitis severity was diagnosed using criteria score were divided  into mild, moderate, to severe group. Each blood sample were withdrew in each subject to evaluate the IgE titer and absolute eosinofil count. Correlation test were used to analyzed the data to know the relation between of IgE titer and EAC with severity of the AD.
Result. The were 30 children diagnosed with mild (n = 19) and moderate (n=11) atopic dermatitis. The mean age was 13,5 year old. Boy-girl ratio was 1:1,72. Both IgEtiter (129,9 IU/ml in mild AD & 994,8 IU/ml in moderate AD) and also EAC (129 cell/µl in mild AD & 343 cell/µl in moderate AD) was significantly different (p<0,05). Spearman analytical correlation results between IgE and EAC showed positive correlation (r=-0,64) which statisticaly significant. (p<0,001).
Conclusion The raising of IgEtiter and EAC have a correlation to the severity of atopic dermatitis in children
Keywords
Immunoglobulin E, eosinophil, the severity of atopic dermatitis

×
Penulis Utama : Aris Gunawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501108012
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Kadar Imunoglobulin E dalam Serum dan Eosinofil Darah dengan Derajat Penyakit Dermatitis Atopik pada Siswa SLTP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Kedokteran Keluarga-S501108012-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bambang Soebagyo, DR, dr, Sp.A(K),
2. dr. Ganung Harsono, SpA (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.