Penulis Utama : Fikri Hadi Pratama
NIM / NIP : D0310022
×

ABSTRAK
Budaya sebagai sesuatu yang bersifat dinamis dan selalu berkembang, pada umumnya ketika suatu kebudayaan yang baru muncul dan mulai diterima serta dipakai oleh masyarakat kebanyakan, maka kebudayaan yang muncul sebelumnya akan ditinggalkan.Namun tidak semua hasil kebudayaan tradisional tersebut ditinggalkan begitu saja, beberapa hasil kebudayaan itu ada juga yang coba dipertahankan oleh generasi penerus masyarakat tersebut. Termasuk dalam hasil kebudayaan yang coba dilestarikan itu adalah seni budaya tradisional.Cara yang paling umum dilakukan untuk melestarikan seni budaya itu adalah dengan komersialisasi lewat pariwisata. Hasil budaya baik yang berupa artifak maupun atraksi dijadikan objek pariwisata agar dapat terus dinikmati dan dipertahankan keberadaannya, akan tetapi komersialisasi pariwisata sudah pasti membawa suatu dampak pada kebudayaan tersebut.
Penelitian berjenis studi kasus ini menggunakan teori komodifikasi dari Karl Marx sebagai dasarnya. Tujuannya adalah mengetahui bagaimana pariwisata sebagai usaha pelestarian mempengaruhi sebuah seni budaya tradisional, di mana dalam penelitian ini mengambil kasus di sendratari Ramayana, Prambanan. Hasil penelitian menunjukan pariwisata memang memberikan pengaruh terhadap perkembangan yang ada dalam sendratari Ramayana Prambanan. Perubahan yang paling signifikan adalah durasi pementasan kisah yang mengikuti selera pasar pada saat itu, mulai dari enam episode bersambung pada awal pertujukannya lalu menjadi empat episode bersambung sampai sekarang menjadi satu episode utuh dengan beberapa kali pertunjukan bersambung khusus. Jadwal pertunjukan juga mengalami perubahan, yang awalnya hanya setiap musim kemarau April sampai Oktober, kini menjadi sepanjang tahun. Penambahan jadwal turut menambah sanggar seni yang mengisi pertunjukan di sini. Komersialisasi lewat pariwisata juga mempengaruhi cara pelestarian yang dipilih, yaitu lewat kerjasama yang dilakukan pihak pengelola dengan sanggar seni pengisi pertunjukan.
Kata kunci: Komersialisasi, Pariwisata, Kebudayaan Tradisional, Sendratari Ramayana.
ABSTRACT
Culture as the dynamic thing is always growth as the civilization growth. The outdated cultural creation will be changed with the new and updated cultural creation which better and more useful. But some of that cultural creation is considered as the masterpiece or an important piece of history of one civilization and tried to keep it existences. The popular way to preserves that cultural creation is with commercialization through tourism. The cultural creation like artifact or an act will be shown as the tourism object so it existence can be kept. But tourism commercialization will bring some effect to that cultural creation.
Commodification theory by Karl Marx was used as the base for this case study research. The objective was to find out how commercialization effecting traditional cultural art which in this research took place in Ramayana Ballet Prambanan. The outcome of this research shows tourism is really gives some effects and changes in Ramayana Ballet Prambanan. The most significant change is the duration of the show, which at first was consist of six episodes then reduced to four episodes and now shown as one full episode with some special episodic shows. The show schedules also got affected, originally Ramayana Prambanan only held show in dry season on April until October each year, but now they hold their show every months. Added schedule also make the management add another dance troupes as performer. Commercialization also affecting the way management  chose to conserve sendratari, which is through the dance troupes who joined them as performer.
Keywords: Commercialization, Tourism, Traditional Culture, Ramayana Ballet.

×
Penulis Utama : Fikri Hadi Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0310022
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Komersialisasi Pariwisata terhadap Pelestarian Seni Budaya Tradisional (Studi Kasus Sendratari Ramayana, Prambanan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0310022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Th. A. Gutama, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.