Penulis Utama : Nisrina Mutia Ariani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012150
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Dukungan Sosiasl dengan Kecemasan pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Semester 1 FK UNS Angkatan 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Jur.Kedokteran-G0012150-2015
Subyek : DUKUNGAN SOSIAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Latar Belakang : Mahasiswa yang berada pada rentang usia 18 – 25 tahun termasuk dalam usia remaja. Remaja rentan mengalami kecemasan. Remaja putri memiliki risiko mengalami kecemasan dua kali lipat. Kecemasan dapat mengakibatkan kebingungan dan distorsi persepsi yang dapat menganggu proses belajar. Salah satu kelompok remaja yang rentan mengalami kecemasan adalah mahasiswa kedokteran. Dalam menghadapi stressor diperlukan adanya suatu ketahanan mental dan salah satu hal yang berpengaruh pada kecemasan adalah dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap kecemasan pada mahasiswi Program Studi Kedokteran semester 1 FK UNS angkatan 2015.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan November 2015 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan subjek penelitian mahasiswi Program Studi Kedokteran Semester 1. Digunakan metode purposive sampling menggunakan kuesioner. Terdapat lima bagian kuesioner yaitu (1) Lembar permohonan menjadi responden; (2) Lembar persetujuan; (3) Kuesioner L-MMPI; (4) Kuesioner T-MAS untuk menilai skor kecemasan; (5) Kuesioner ISEL untuk menilai skor dukungan sosial. Sampel disesuaikan kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel yang memenuhi kriteria sejumlah 102 mahasiswi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmorgov-Smirnov dan uji Pearson dengan program SPSS for Windows. Hasil: Uji analisis Pearson menunjukkan nilai koefisien korelasi -0.240 (p=0,015). Hasil p < 0.05 menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara dukungan sosial dengan kecemasan. Tanda negatif menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah kecemasan mahasiswi Program Studi Kedokteran Semester 1 FK UNS Angkatan 2015.
Simpulan: Terdapat hubungan dukungan sosial dengan kecemasan pada mahasiswi Program Studi Kedokteran Semester 1 FK UNS Angkatan 2015. Terdapat hubungan bermakna dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0.240 yang berarti semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah kecemasan.
Kata kunci: kecemasan, dukungan sosial, mahasiswi kedokteran

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
bab 6.pdf
IMG_20160314_120432.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mohammad Fanani, dr. Sp.KJ (K),
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran