Penulis Utama : Dian Kusuma Hapsari
NIM / NIP : G0111021
×

ABSTRAK
Psychological well being merupakan kondisi nyaman secara psikologis yang ingin dicapai oleh setiap individu dengan berbagai peranan dalam kehidupan. Pilihan peran seorang ibu sebagai ibu bekerja atau ibu rumah tangga memiliki karakteristik berbeda. Perbedaan ini nampak dari rutinitas yang dijalani serta pandangan yang didapat dari lingkungan sehingga memunculkan perbedaan dalam menilai diri sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut, penilaian seseorang terhadap diri sendiri pada individu dengan peran yang berbeda mengarahkan pada psychological well being yang berbeda pula.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan psychological well being pada ibu bekerja dan ibu rumah tangga ditinjau dari self esteem, perbedaan psychological well being pada ibu bekerja dan ibu rumah tangga, dan perbedaan self esteem pada ibu bekerja dan ibu rumah tangga di Kelurahan Jajar Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah ibu bekerja dan ibu rumah tangga usia dewasa awal yang tinggal di Kelurahan Jajar Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64 orang yang terdiri dari 34 orang ibu bekerja dan 30 orang ibu rumah tangga. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling.  Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala psychological well being dan skala self esteem.
Analisis data menggunakan uji Friedmann. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan psychological well being yang signifikan pada ibu bekerja dan ibu rumah tangga ditinjau dari self esteem (X2hitung = 120,103, p < 0,05). Analisis data selanjutnya menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan psychological well being pada ibu bekerja dan ibu rumah tangga (z=-1,732, p > 0,05); serta terdapat perbedaan self esteem pada ibu bekerja dan ibu rumah tangga (z=-2,648, p < 0,05).
Kata kunci: psychological well being, self esteem, ibu bekerja, ibu rumah tangga
ABSTRACT
Psychological well-being is the goal of each individual to obtain the pleasant condition in psychological area with different roles in life. The choice of a mother's role as working mothers and housewives has different characteristics. These differences can be seen from the routines and the opinions obtained from the environment that builds judgement for her. Therefore, when people give self evaluation in the different roles in life, it leads the different psychological well-being result.
This study aims to compare the psychological well-being in working mothers and housewives in terms of self-esteem, the psychological well-being differences in working mothers and housewives, and self-esteem differences in working mothers and housewives in KelurahanJajar, Surakarta.
The population in this study is early adulthood of working mothers and housewives living in the Keluarahan Jajar, Surakarta. The sample used in this study is 64 married women (34 working mother and 30 housewives) in Keluarahan Jajar, Surakarta. The sampling technique in this study is simple random sampling. Data were collected using psychological well-being scale and self-esteem scale.
Data analysis used Friedman test. The results of the data analysis showed that there are significant differences in psychological well-being onworking mothers and housewives in terms of self-esteem (X2count = 120.103, p <0.05). Furthermore, the data analysis used the Mann-Whitney U test. The results of the data analysis showed that there was no difference in psychological well-being in working mothers and housewives(z = -1.732, p> 0.05); and there were differences in self-esteem in working mothers and housewives (z = -2.648, p <0.05).
Keywords: psychological well-being, self-esteem, working mothers, housewives

×
Penulis Utama : Dian Kusuma Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0111021
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan Psychological Well Being pada Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga Ditinjau Dari Self Esteem di Kelurahan Jajar Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Psikologi-G0111021-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aditya Nanda Priyatama, S.Psi., M.Si.
2. Rin Widya Agustin, S.Psi., M.Psi., Psi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.