Penulis Utama : Biana Rahmat Kristi
NIM / NIP : F1113010
×

ABSTRAK
Adanya aktivitas seorang menuju suatu tempat akan menimbulkan perjalanan yang dapat menghasilkan pergerakan seseorang yang pada akhirnya memerlukan pilihan transportasi. Alat transportasi umumnya adalah untuk memperlancar kegiatan masyarakat untuk beraktivitas. Salah satu alat transportasi darat yang saat ini sedang ditata pelaksanaannya oleh Pemerintah Kota Surakarta adalah Batik Solo Trans (BST). Dalam penelitian ini mengkaji tentang keberadaan transportasi umum bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadi alternatif yang utama disaat masyarakat memilih moda transportasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi sosio ekonomi eksistensi transportasi bus Batik Solo Trans bagi pengelola atau operator jasa transportasi, pengguna jasa transportasi, dan non pengguna atau pengguna jalan yang secara tidak langsung bersinggungan dengan BST. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan dan wawancara kepada informan-informan yang berperan langsung dalam penelitian terhadap BST yang bisa memberikan informasi-informasi utama yang dibutuhkan dalam penelitian. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis dengan mengadopsi model analisis Miles dan Huberman, yang terdiri dari 3 proses yaitu reduksi data, display/penyajian data dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi sosio ekonomi ekistensi BST dari pihak pengelola atau operator yaitu membuka lapangan pekerjaan, kesejahteraan karyawan yang baik, dan bersama dengan pemerintah dalam kebijakan tarif. Dari pihak pengguna yaitu memberi kemudahan dalam perjalanan, fasilitas yang memuaskan, dan tarif yang standar. Dari pihak non pengguna yaitu dapat meminimalisir kemacetan, polusi udara, dan kecelakaan lalu lintas.
Kata Kunci : Kajian sosio ekonomi, transportasi
ABSTRACT
The existence of an activity towards a place will cause travel that could generate the movement of a person who in the end require transportation options. Transportation generally is to streamline the activities of the society to have activity. One of the means of transport by land that is currently being laid out its implementation by the Government of the city of Surakarta is Batik Solo Trans (BST). In this study examines the existence of public transportation could be well received by the public and become the main alternative to the community when selecting a mode of transportation.
This research aims to know the implications of socio economic existence Batik Solo Trans bus transport for the Manager or operator transportation services, transportation, service users and non-users or users indirectly affecting BST. Research methods using qualitative approach method of Phenomenology. Data collection done by the participant observation and interviews to the informant-informant who served directly in research on BST which can give the main information needed in research. The data have been collected, analyzed by adopting the model of analysis that Miles and Huberman, which consists of three processes, namely the reduction of data, display/presentation of data and verification/conclusion.
The results showed that the implication socio economic ekistensi BST from the Manager or operator i.e. open employment, well-being, and together with the Government in the policy rate. From the users i.e. gives ease in travel, facilities, and standard rates. From a non-party users that is able to minimize traffic congestion, air pollution, and traffic accidents.
Keywords: study of socio economic, transportation

×
Penulis Utama : Biana Rahmat Kristi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1113010
Tahun : 2015
Judul : Kajian Sosio Ekonomi Eksistensi Transportasi Bus Batik Solo Trans
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F1113010-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bhimo Rizky Samudro, S.E, M.Si, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.