Penulis Utama : Ananto Setyadi
NIM / NIP : M0511005
×

ABSTRAK
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung berapi yang aktif. Salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia adalah gunung Merapi. Erupsi gunung Merapi pada tahun 2010 menimbulkan banyak korban jiwa. Kabupaten Sleman merupakan daerah dengan jumlah korban jiwa paling banyak. Salah satu hal yang penting untuk mengurangi jumlah korban saat bencana Erupsi adalah proses evakuasi dimana salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah rute evakuasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute evakuasi dengan menggunakan Algoritma Fuzzy-Greedy pada erupsi gunung Merapi. Metode Fuzzy digunakan untuk mengolah parameter jarak dan jumlah pengungsi menjadi bobot yang akan digunakan dalam pencarian rute evakuasi. Pencarian rute menggunakan algoritma Greedy karena algoritma Greedy mengambil nilai yang paling besar dalam setiap langkahnya sehingga cocok dalam penentuan rute evakuasi yang menyangkut nyawa manusia. Pencarian rute berbentuk TSP yaitu berawal dari posko pengungsian kemudian melewati semua dusun yang akan dievakuasi dan kembali lagi ke posko pengungsian.
Hasil dari penelitian ini adalah rute evakuasi pada erupsi gunung Merapi dapat ditentukan dengan algoritma Fuzzy-Greedy. Pengujian dilakukan dengan membandingkan rute yang dihasilkan Greedy dengan rute yang dihasilkan algoritma Exhaustive. Pengujian dari 25 kali percobaan dengan nilai toleransi peringkat teratas 5% menghasilkan 88% rute yang dihasilkan Algoritma Greedy dinyatakan layak.
Kata kunci: Exhaustive, Fuzzy-Greedy, Rute Evakuasi, TSP

ABSTRACT
Indonesia is a country with many active volcanoes. One of the most active volcanoes in Indonesia is Mount Merapi. Merapi eruption in 2010 caused many casualties. Sleman regency is a region with the most number of casualties. Evacuation process the important thing to reduce the number of victims of the eruption disaster and the evacuation routes are the influencing factors.
This study aims to determine the evacuation route by using Fuzzy-Greedy algorithm on the eruption in mount Merapi. Fuzzy method is used to process parameters of the distance and the number of evacuee into the weight to be used to determine evacuation route. Greedy algorithm is used to find the route because the algorithm take the greatest value at every step so it is appropriate in determining the evacuation route that involving human life. In this study, the evacuation route uses the TSP model which started from the evacuation post passes all the village and then back to the evacuation post.
The results of this study is the evacuation route on eruption in mount Merapi can be determined by a combination of Greedy algorithm and Fuzzy. Testing is done by comparing Greedy route with Exhaustive. Testing of 25 trials with 5% top ranking tolerance produces 88% Greedy routes are feasible.
Keywords: Evacuation Route, Exhaustive, Fuzzy-Greedy, TSP

×
Penulis Utama : Ananto Setyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0511005
Tahun : 2016
Judul : Algoritma Fuzzy-Greedy Menentukan Rute Evakuasi pada Erupsi Gunung Merapi Kabupaten Sleman
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2016
Program Studi : S-1 Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Jur. Informatika-M0511005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Abdul Aziz, S.Kom, M.Sc.
2. Esti Suryani, S.Si, M.Kom,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.