Penulis Utama : Atika Asokanindya Putri
NIM / NIP : C0511008
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Latar belakang Kebijakan Program Transmigrasi di Kabupaten Daerah Tingkat II Boyolali pada tahun 1981-1990, mendiskripsikan prosedur pelaksanaan program Transmigrasi di Kabupaten Daerah Tingkat II Boyolali tahun 1981-1990 dan tanggapan masyarakat terhadap kebijakan program transmigrasi di Kabupaten Daerah Tingkat II Boyolali tahun 1981-1990.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai tahap Heuristik yaitu tahap mengumpulkan data atau sumber-sumber sejarah yang sezaman, studi pustaka dan wawancara. Tahap selanjutnya adalah Kritik Sumber yaitu menilai atau mengkritik sumber sejarah yang didapatkan agar mendapatkan sumber-sumber yang dianggap benar atau valid. Kemudian tahap Interpretasi/Penafsiran yaitu tahap menganalisa data untuk mendapatkan makna dan menghubungkan antara fakta yang satu dengan fakta yang lainnya. Tahap yang terakhir adalah melaporkan hasil penelitian melalui penulisan sejarah atau historiografi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kebijakan Program Transmigrasi di Kabupaten Daerah Tingkat II Boyolali tahun 1981-1990 diterapkan karena daerah ini merupakan wilayah yang tandus, padat penduduk, rawan bencana alam, dan daerah yang terkena program pembangunan oleh pemerintah yaitu Waduk Kedungombo yang mendapatkan prioritas oleh pemerintah. Prosedur pelaksanaan kebijakan program transmigrasi yaitu penentuan sasaran penyuluhan, penerangan, seleksi pendaftaran dan pemberangkatan. Respon masyarakat terhadap kebijakan transmigrasi di Kabupaten Daerah Tingkat II Boyolali ada dua respon yaitu menerima kebijakan transmigrasi dan menolak kebijakan transmigrasi.
Kata Kunci: Transmigrasi, Waduk Kedungombo, Kabupaten Daerah Tingkat II Boyolali.

 

×
Penulis Utama : Atika Asokanindya Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0511008
Tahun : 2016
Judul : Kebijakan program transmigrasi di kabupaten daerah tingkat ii Boyolali tahun 1981-1990 (Studi Kasus di Kedungombo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C.0511008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Isnaini W.W., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.