Penulis Utama : Citra Ajeng Isywari
NIM / NIP : K7411040
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik terhadap prestasi belajar akuntansi, (2) persepsi siswa tentang profesionalisme guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi dan (3) persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik dan profesionalisme guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII Bidang Keahlian Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 117 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,472 dengan nilai probabilitas 0,000 (p<0,05), (2) persepsi siswa tentang profesionalisme guru akuntansi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,478 dengan nilai probabilitas 0,000 (p< 0,05) dan (3) persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik dan profesionalisme guru akuntansi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan hasil uji F sebesar 21,818 dengan nilai probabilitas 0,000 (p<0,05). Adapun nilai R square sebesar 0,277, dengan demikian variasi di dalam variabel prestasi belajar akuntansi ditentukan oleh variabel persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru akuntansi sebesar 27,7% dengan model persamaan regresi linear ganda yakni Y = -1,183 + 0,895 X1 + 0,566 X2.
Kata Kunci: persepsi siswa, kualitas pelayanan akademik, profesionalisme guru, prestasi belajar akuntansi

 

×
Penulis Utama : Citra Ajeng Isywari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411040
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pelayanan akademik dan profesionalisme guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi di smk batik 2 surakarta tahun 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7411040-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M. Stats
2. Dini Octoria, S. Pd, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.