Penulis Utama : David Ferdy Pratama Ag
NIM / NIP : K2511014
×

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pemberian tugas mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa SMK Negeri 2 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TPM C SMK Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan angket. Validasi data menggunakan teknik validitas isi dan konstruk. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan strategi pemberian tugas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan persentase motivasi siswa sebelum tindakan sebesar 31,85%, setelah diberikan tindakan adalah 51,18% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 78,1%, (2) penerapan strategi pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan persentase hasil belajar siswa yang mendapat nilai tes lebih dari 75. Sebelum penerapan strategi pemeberian tugas adalah 45,16%, setelah diberikan tindakan, pada siklus I persentasenya adalah 54,84% dan meningkat pada sikus II sebesar 87,1%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pemberian tugas dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa SMK Negeri 2 Surakarta.
Kata kunci: Pemberian tugas, pemesinan bubut, motivasi belajar, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : David Ferdy Pratama Ag
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2511014
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pemberian tugas mata pelajaran praktik pemesinan bubut siswa smk negeri 2 surakarta tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2511014-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd
2. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.