Penulis Utama : Lia Yuliani
NIM / NIP : S531308011
×

Latar Belakang : Status gizi gemuk beresiko lebih tinggi mengalami diabetes mellitus (DM) dan dislipidemia. Latihan fisik berupa senam diabetes antara lain dapat membantu memperbaiki profil lipid darah dan menurunkan berat badan pada pasien DM. Keadaan hiperglikemia dalam waktu lama pada DM dapat memacu terjadinya komplikasi baik mikro maupun makro vaskuler dengan indikator antara lain kolesterol total > 200 mg/dL, LDL ? 100 mg/dL dan HDL < 45 mg/dL.Diabetes Melitus (DM) merupakan kelompok penyakit metabolik kronik dengan karakteristik hiperglikemi yang meningkat prevalensinya di berbagai negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status gizi dan frekuensi senam diabetes terhadap profil lipid pada pasien DM tipe 2.
Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental analitik dengan pendekatan cros sectional secara factorial design 2 X 2. Subjek penelitian adalah pasien DM tipe 2 memiliki status gizi normal dan status gizi gemuk, melakukan senam diabetes jenis seri dua selama 8 minggu dengan frekuensi senam satu kali dan tiga kali per minggu di Poliklinik RSUP dr Hasan Sadikin Bandung, sebanyak 28 subjek penelitian dipilih menggunakan simple random sampling. Kelompok perlakuan ada 4, yaitu kelompok status gizi normal melakukan senam satu kali perminggu, kelompok status gizi normal melakukan senam tiga kali dalam seminggu, kelompok status gizi gemuk melakukan senam satu kali per minggudan kelompok status gizi gemuk melakukan senam tiga kali dalam seminggu. Teknik penggumpulan data dengan pengukuran TB, penimbangan BB,wawancara, pemeriksaan profil lipid terdiri dari kadar kolesterol total, kolesterol-LDL dan kolesterol-HDL diukur sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis dengan uji Anava dua jalur faktorial 2X2, nilai signifikansi p< 0,05 dan dilanjutkan uji post hock. Uji T test dan Asupan makanan 24 hours food recall dianalisis dengan menggunakan program Nutrisurvey dan uji anava one way.
Hasil : Berdasarkan uji statistik ada perbedaan status gizi normal dan gemuk terhadap perubahan kadar profil lipid baik kolesterol total (p = 0,969), kolesterol-LDL (p= 0,786) dan kolesterol-HDL (p= 0161) pasien DM tipe 2 yang melakukan senam diabetes seri dua. Ada perbedaan frekuensi senam diabetes satu kali seminggu dan tiga kali seminggu terhadap perubahan profil lipid baik kadar kolesterol total (p = 0,745), kolesterol-LDL (p = 0,270), dan kolesterol-HDL (p = 0,647) pasien DM tipe 2. Ada pengaruh status gizi dan frekuensi senam diabetes seri dua terhadap perubahan profil lipid baik kadar kolesterol total (p = 0,171), kolesterol-LDL (p= 0,552), dan kolesterol-HDL (p = 0,767) pasien DM tipe 2.
Kesimpulan : Ada pengaruh status gizi dan frekuensi senam diabetes terhadap perubahan profil lipid pasien DM tipe 2.
Kata kunci : Status Gizi, Frekuensi Senam Diabetes, Profil Lipid, DM tipe 2.

 

×
Penulis Utama : Lia Yuliani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531308011
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh status gizi dan frekuensi senam diabetes terhadap profil lipid pada pasien diabetes mellitus tipe 2
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Gizi-S.531308011-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Kiyatno, dr.,PFK., M.Or.AIFO
2. Dr. Adi Prayitno, drg., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.