Penulis Utama : Muhad Fatoni
NIM / NIP : A121308025
×

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui faktor anthropometri yang menentukan keterampilan pencak silat kategori tanding, (2) Untuk mengetahui faktor fisik yang menentukan keterampilan pencak silat kategori tanding.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan rancangan analisis faktor konfirmatori yaitu mengkonfirmasi hubungan variabel indikator dengan variabel laten yang menentukan keterampilan pencak silat. Data yang terkumpul selanjutnya diverifikasi dan ditabulasi untuk kemudian diolah secara kuantitatif dengan: (a) Analisis faktor statistik multivariate dengan menggunakan software komputerisasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) sehingga dapat direduksi menjadi beberapa faktor saja. (b) Menghitung nilai sumbangan rata-rata dari masing-masing faktor pada variabel laten dan variabel terikat. (c) Menggambarkan nilai dan posisi skor rata-rata dari variabel dominan dalam transformasi matrix importance-performance.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Faktor anthropometri yang menentukan keterampilan pencak silat kategori tanding adalah tinggi badan dengan prosentase peranan terhadap faktor sebesar 79%, dan panjang tungkai dengan prosentase peranan terhadap faktor sebesar 76%, (2) Faktor fisik yang menentukan keterampilan pencak silat kategori tanding adalah fleksibilitas dengan prosentase peranan terhadap faktor sebesar 29 %, kecepatan dengan prosentase peranan terhadap faktor sebesar 97%, daya tahan anaerobik dengan prosentase peranan terhadap faktor sebesar 98%, power otot tungkai dengan prosentase peranan terhadap faktor sebesar 97%, dan koordinasi mata kaki dengan prosentase peranan terhadap faktor sebesar 30%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Faktor anthropometri (peubah laten ?1) yang menentukan keterampilan pencak silat kategori tanding dapat diukur oleh peubah indikator tinggi badan (X1) dengan nilai 0,86, dan panjang tungkai (X2) dengan nilai 0,83. (2) Faktor fisik (peubah laten ?2) yang menentukan keterampilan pencak silat kategori tanding dapat diukur oleh peubah indikator daya tahan anaerob (X6) dengan nilai 0,98, kecepatan (X5) dengan nilai 0,97, power otot tungkai (X8) dengan nilai 0,97, fleksibilitas (X4) dengan nilai 0,53, dan koordinasi mata kaki (X9) dengan nilai 0,50.
Kata Kunci : Anthropometri, Fisik, Keterampilan Pencak Silat Kategori Tanding.

 

×
Penulis Utama : Muhad Fatoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121308025
Tahun : 2016
Judul : Faktor anthropometri dan fisik penentu keterampilan pencak silat kategori tanding (Analisis Faktor Konfirmatori pada Pesilat Putra Usia Dewasa Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A.121308025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Satimin Hadiwidjaja, dr., PAK., MARS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.