Penulis Utama : Ika Kurnianingsih
NIM / NIP : R1114055
×

Latar belakang: Kehamilan dengan tekanan darah tinggi berpengaruh terhadap berat badan lahir bayi, karena terjadi penurunan perfusi uteroplasenta, vasopasme, dan kerusakan sel endotel pembuluh darah plasenta sehingga berat plasenta pun juga dapat terganggu karena pembuluh darah menjadi iskemik dan mengalami nekrosis. Tujuan untuk mengetahui hubungan berat badan bayi lahir dengan berat plasenta pada ibu bersalin preeklamsi.
Metode: Penelitian deskriptik analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi ibu bersalin preeklamsi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, menggunakan teknik accidental sampling, jumlah sampel 30 ibu bersalin preeklamsi sesuai kriteria inklusi, pengumpulan data menggunakan wawancara biodata dan pemeriksaan berat badan bayi dan plasenta dengan menimbang. Analisis data menggunakan uji Lamda dengan bantuan SPSS 16.
Hasil: Berat badan lahir bayi pada ibu preeklamsi terbanyak berat normal 86,7%, dan berat plasenta pada ibu bersalin preeklamsi terbanyak berat normal 90%. Uji Lamda didapatkan nilai p=0.068.
Simpulan: Tidak terdapat hubungan bermakna antara berat badan bayi lahir dengan berat plasenta pada ibu bersalin preeklamsi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Kata Kunci: berat badan bayi lahir, berat plasenta, preeklamsi

 

×
Penulis Utama : Ika Kurnianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1114055
Tahun : 2016
Judul : Hubungan berat badan bayi lahir dengan berat plasenta pada ibu bersalin preeklamsi di rsud dr moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1114055-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Angesti Nugraheni, S.ST., M.Kes
2. Ropitasari, S. SiT., M. Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.