Penulis Utama : Aprilia Gita Savitri
NIM / NIP : F1113005
×

ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif guna mengetahui profil industri kerajinan keramik pada sentra keramik Klampok di Kabupaten Banjarnegara. Selain itu juga untuk mengetahui kebijakan Pemerintah dalam upaya mengembangkan industri kerajinan Keramik Klampok. Lokasi penelitian ini adalah Sentra Keramik Klampok di Kecamatan Purworejo Klampok, Kabupaten Banjarnegara.
Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan kuisioner pada saat di lapangan. Aspek yang diteliti selain profil para pengusaha juga mengenai aspek kewirausahaan pada industri keramik Klampok. Aspek tersebut meliputi aspek keuangan, aspek produksi, aspek pemasaran, aspek organisasi, dan aspek sumber daya manusia. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, sebenarnya industri kerajinan keramik di Banjarnegara memiliki potensi ekonomi yang bagus. Sayangnya masih banyak di temukan permasalahan baik secara internal dari pengusahanya maupun dari lingkungan eksternal seperti masyarakat dan pemerintah.
Studi ini memiliki beberapa keterbatasan antara lain rekapitulasi data dari tahun ke tahun mengenai industri keramik Klampok dari Disperindag setempat yang tidak lengkap. Hal ini menyebabkan peneliti kesulitan membandingkan perkembangan dari tahun ke tahun mengenai industri keramik di Banjarnegara. Sehingga pada penelitian selanjutnya diharapkan bisa melengkapi keterbatasan penelitian ini.
Kata kunci: Profil Industri, Kerajinan, Home Industri
ABSTRACT
The aim of this descriptive Qualitative research was to know about industrial profile of Ceramics Craft industry at Ceramics Klampok’s Center District Banjarnegara. Its also to know how about Goverment’s policy increase and develop the ceramics craft industry at Ceramics Center Klampok, District Banjarnegara.
Researcher use interview and quisioner method to collect the data square. The aspect that researched were about financial, production, marketing, organization, and human resources. The result of this research said that ceramics industry at Banjarnegara has alot of potential economics. Nevertheless researcher found several problem that caused by an internal or eksternal problem.
Researcher can’t collect the time series data about increases of ceramics industry in Banjarnegara by year to year. It makes difficult to compare year to year of industrial increases. With the result that, researcher hope on the next research could complete the limits and the weakness of this research.
Keywords: Industrial profile, Craft, Home Industri

×
Penulis Utama : Aprilia Gita Savitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1113005
Tahun : 2015
Judul : Profil Industri Kerajinan Keramik pada Sentra Keramik Klampok Kabupaten Banjarnegara
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F1113005-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. BRM Bambang Irawan, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.