Penulis Utama : Indah Mayta Lestari
NIM / NIP : K1310039
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dan karakteristik dari tingkat respon siswa kelas VII-7 SMP Negeri 3 Surakarta berdasarkan taksonomi SOLO pada pokok bahasan pecahan ditinjau dari kemampuan awal siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 pada kelas VII-7 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan subyek dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Subyek penelitian dikategorikan ke dalam 3 kategori yaitu kategori kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, dan kemampuan awal rendah. Dari masing-masing kelompok diambil satu orang untuk kemudian diteliti lebih lanjut. Data tentang kemampuan awal siswa diambil dari hasil nilai ulangan harian pokok bahasan sebelum pecahan, yaitu bilangan bulat. Sedangkan data tentang respon siswa diambil dari hasil wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) siswa dengan kemampuan awal rendah berada pada tingkat multistructural, siswa dengan kemampuan awal sedang berada pada tingkat relational, siswa dengan kemampuan awal tinggi berada pada tingkat relational, 2) karakteristik respon dari subyek: a) kemampuan awal rendah berada pada tingkat multistructural adalah sebagai berikut: (1) mampu menyelesaikan permasalahan pada level unistructural walaupun masih ada kendala untuk menyelesaikan semua soal dengan jawaban yang benar, namun dari ide-ide yang disampaikan, subyek sudah mampu melewati level unistructural, (2) mampu menyelesaikan permasalahan level multistructural dengan cara yang berbeda, (3) paham mengenai perbedaan antara pecahan dan desimal, (4) masih belum mampu untuk menggali informasi lain untuk menyelesaikan permasalahan pada level relational sehingga subyek masih belum mampu menyelesaikan permasalahan pada level relational, b) kemampuan awal sedang berada pada tingkat relational adalah sebagai berikut: (1) mampu menyelesaikan permasalahan pada level unistructural dengan cara dan jawaban yang benar, (2) mampu menyelesaikan permasalahan level vi
multistructural dengan cara yang berbeda
, (3) paham mengenai perbedaan antara pecahan dan desimal, (4) mampu memperoleh informasi lain yang tidak terdapat dalam soal untuk menyelesaikan permasalahan pecahan pada level rational, (5) mampu menyelesaikan permasalahan pecahan menggunakan satu cara dengan baik, (6) mampu memberikan solusi lain untuk menyelesaikan soal permasalahan pecahan, (7) mampu menentukan hubungan antara penyelesaian yang berbeda dengan penjelasan singkat, c) kemampuan awal sedang berada pada tingkat relational adalah sebagai berikut: (1) mampu menyelesaikan permasalahan pada level unistructural dengan cara yang baik dan jawaban yang benar, (2) mampu menyelesaikan permasalahan level multistructural dengan cara yang berbeda, (3) paham mengenai perbedaan antara pecahan dan desimal, (4) mampu memperoleh informasi lain yang tidak terdapat dalam soal untuk menyelesaikan permasalahan pecahan level relational, (5) mampu menyelesaikan permasalahan pecahan menggunakan satu cara dengan baik, (6) mampu memberikan solusi lain untuk menyelesaikan soal permasalahan pecahan, (7) mampu menentukan hubungan antara penyelesaian yang berbeda dengan penjelasan yang runtut dan sangat baik.
Kata kunci: Respon, Taksonomi SOLO, Kemampuan Awal, Pecahan

 

×
Penulis Utama : Indah Mayta Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1310039
Tahun : 2016
Judul : Analisis respon siswa dalam menyelesaikan permasalahan pecahan berdasarkan taksonomi solo ditinjau dari kemampuan awal siswa (Penelitian Dilakukan Pada Siswa Kelas VII-7 SMP Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 Semester Ganjil)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K.1310039-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si
2. Dhidhi Pambudi, S.Si., M.Cs
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.