Penulis Utama : Nisa Permatasari
NIM / NIP : S851408029
×

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP kelas VIII E SMP Negeri 25 Surakarta yang memiliki kepribadian extrovert dan introvert. Proses berpikir yang diteliti adalah proses berpikir asimilasi dan akomodasi dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tipe Krulik dan Rudnick pada materi persamaan garis lurus. Teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah snowball sampling sehingga subjek yang diteliti terhenti pada saat data yang diperoleh jenuh. Diperoleh tiga siswa dengan kepribadian extrovert dan tiga siswa dengan kepribadian introvert. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu.
Proses berpikir siswa dengan kepribadian extrovert adalah 1) Pada tahap membaca dan berpikir (read and think), siswa yang memiliki tipe kepribadian extrovert ini menunjukkan proses berpikir asimilasi. Hal ini terlihat dari siswa extrovert yang dapat menganalisis materi yang terkait dengan permasalahan, dapat menganalisis dan menuliskan dengan tepat hal yang ditanyakan dan diketahui dari permasalahan, serta dapat memberikan alasan yang cukup mengenai hal yang ditanyakan. 2) Pada tahap menyelidiki dan merencanakan (explore and plan), siswa yang memiliki tipe kepribadian extrovert menunjukkan proses berpikir asimilasi tak sempurna. Hal ini terlihat dari subjek extrovert yang dapat menganalisis pengecoh/ hal yang tidak dibutuhkan serta alasannya akan tetapi tidak dapat menganalisis dan menentukan rencana untuk menyelesaikan masalah karena hanya dituliskan rumusnya tanpa mengetahui langkah selanjutnya dengan istilah matematika. 3) Pada tahap memilih strategi (select a strategy) ia menunjukkan proses berpikir asimilasi tak sempurna. Siswa yang memiliki tipe kepribadian extrovert dapat memilih strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah berupa rumus akan tetapi tidak mengetahui tahapan penyelesaian. 4) Pada tahap menemukan jawaban (find an answer) ia menggunakan proses berpikir asimilasi tak sempurna karena walaupun dijawab dengan rumus yang benar akan tetapi terdapat kekeliruan dalam pengoperasian. 5) Pada tahap memikirkan perkara lain dan memperluas (reflect and extend), siswa menggunakan proses berpikir akomodasi. Siswa dapat mengecek dan meyakini kebenaran jawaban namun tidak dapat menyelesaikan masalah terakhir karena tidak mengisi pada lembar jawaban ataupun proses yang keliru dalam menjawab soal.
Proses berpikir siswa dengan kepribadian introvert adalah 1) Pada tahap membaca dan berpikir (read and think), siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert menunjukkan proses berpikir asimilasi. Hal ini terlihat dari siswa yang memiliki kepribadian ini dapat menganalisis hal yang ditanyakan dan diketahui dari permasalahan, serta dapat menyebutkan simbol matematika berupa simbol gradien.
2) Pada tahap menyelidiki dan merencanakan (explore and plan) menunjukkan proses berpikir asimilasi, dimana ia dapat menganalisis dan menentukan informasi yang cukup untuk menyelesaikan masalah, dapat menganalisis pengecoh/ hal yang tidak dibutuhkan serta alasannya. 3) Pada tahap memilih strategi (select a strategy), siswa dengan kepribadian introvert menunjukkan proses berpikir asimilasi tak sempurna. Hal ini ditunjukkan karena dapat memilih strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah berupa rumus akan tetapi tahapan penyelesaiannya kurang sempurna. 4) Pada tahap menemukan jawaban (find an answer) siswa dengan kepribadian introvert ini dapat menyelesaikan masalah berdasarkan strategi yang telah dicari sebelumnya dengan proses berpikir asimilasi tak sempurna. 5) Pada tahap terakhir yaitu tahap memikirkan perkara lain dan memperluas (reflect and extend), siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert menunjukkan proses berpikir asimilasi tak sempurna. Siswa dapat mengecek dan meyakini kebenaran jawaban namun ia belum dapat menganalisis dan memisalkan titik baru dengan baik.
Kata Kunci: Asimilasi dan Akomodasi, Extrovert-Introvert, Pemecahan Masalah.

 

×
Penulis Utama : Nisa Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851408029
Tahun : 2016
Judul : Proses berpikir siswa kelas viii smp negeri 25 surakarta dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert pada materi persamaan garis lurus
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851408029-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc
2. Drs. Isnandar Slamet, M.Sc. Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.