Penulis Utama : Ria Rustiani
NIM / NIP : S351308047
×

Penelitian dan kajian dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akad pembiayaan mudharabah pada linkage program Bank Syariah Mandiri Cabang Madiun dengan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Nindya Amala Madiun, kedudukan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Mandiri Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Nindya Amala Madiun serta mengetahui hambatan yang timbul pada penerapan akad pembiayaan mudharabah pada linkage program Bank Syariah Mandiri dengan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Nindya Amala Madiun.
Guna mengetahui tujuan tersebut maka dilaksanakan penelitian hukum empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menjelaskan penerapan akad mudharabah pada linkage program Bank Syariah Mandiri. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi pustaka. Selanjutnya data yang diperoleh akan diolah dengan teknik pengolahan data konten analisis.
Dari hasil penelitian Penerapan akad mudharabah di Bank Syariah Mandiri dengan Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT Nindya Amala tidak terlihat dasar falsafah mudharabah yaitu kerjasama tetapi masih menunjukkan mengenai pinjam meminjam. Penerapan akad mudharabah ini juga masih menunjukkan bahwa terjadi ketidaksesuaian prinsip mudharabah pada praktek perbankan syariah. Mudharabah murni sesuai fikih tidak dapat diterapkan pada praktik perbankan syariah. Pada akad mudharabah linkage program antara Bank Syariah Mandiri Cabang Madiun dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Nindya Amala selanjutnya disebut KJKS BMT Nindya Amala ini kedudukannya ialah sebagai perantara.
Pada penerapan akad pembiayaan mudharabah ini terdapat hambatan atau kendala baik dari Bank Syariah Mandiri maupun dari KJKS BMT Nindya Amala.
Kata kunci : perbankan syariah, akad mudharabah, linkage program

 

×
Penulis Utama : Ria Rustiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351308047
Tahun : 2016
Judul : Penerapan akad pembiayaan mudharabah pada linkage program bank syariah mandiri cabang madiun dengan koperasi jasa keuangan syariah baitul mal wat tamwil (bmt) nindya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kenotariatan-S.351308047-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Burhanudin Harahap, S.H.,M.H.,MSI.,Ph.D
2. Dr. M. Irnawan Darori, S.H., M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.