Penulis Utama : Dwi Wijayanti
NIM / NIP : K4611033
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling depan melalui penerapan bidang miring bergaris lurus pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jatiyoso Tahun Pelajaran 2015/2016. Guling depan merupakan salah satu materi senam lantai yang diajarkan di sekolah menengah pertama. Akan tetapi, kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal sehingga berpengaruh pada hasil belajar guling depan. Maka perlu adanya media alat bantu pembelajaran
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jatiyoso yang berjumlah 30 Siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 14 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerpan bidang miring bergaris lurus dapat meningkatkan hasil belajar guling depan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar guling depan pada Siklus I dari 30 siswa mencapai 73,33% atau sebanyak 22 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 83,33% atau sebanyak 25 siswa masuk kriteria tuntas sedangkan 5 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan bidang miring bergaris lurus dapat meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jatiyoso Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci :Hasil belajar, Guling depan, Bidang Miring

 

×
Penulis Utama : Dwi Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611033
Tahun : 2016
Judul : Pembelajaran guling depan menggunakan bidang miring bergaris lurus untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas viii c smp negeri 1 Jatiyoso tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4611033-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarwono, MS
2. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.