Penulis Utama : Mohammad Faisal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S.881408008
Tahun : 2016
Judul : Analisis lubuk larangan sebagai wisataekologi berbasis kearifan lokal Desa Lubuk Beringin, Kecamatan Bathin III Ulu, Kebupaten Bungo, Jambi. (Sebagai Pendukung Substansi Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam pada Bidang Studi Geografi di Kelas XI SMA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup-S.881408008-2016
Subyek : WISATA EKOLOGI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sistem penentuan Lubuk Larangan, menganalisis pengelolaan SDA Lubuk Larangan, menganalisis potensi Lubuk Larangan sebagai wisata ekologi berbasiskeraifan lokal. Selain itu untuk menyusun pendukung substansi materi pengelolaan SDA pada bidang studi pendidikan geografi kelas XI SMA dan untuk dijadikan sebagai inisiasi materi muatan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan tenik snowball sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi lapangan serta dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis interaktif dan SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, and Threads atau Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem penentuan Lubuk Larangan melalui tahapan perencanaan hingga pengesahan yang tidak terlepas dari sejarah terbetuknya dan warisan budaya leluhur. Pengelolaan sumber daya alam berbasiskearifan lokal sangat nyata terjadi di Lubuk Beringin denan aturan adat dan kebiasaan yang sangat ditaati. Potensi ekowisata yang dimiliki sangat meyakinkan untuk dikembangkan, hal ini berdasarkan hasil analisis yang menunjukan tren positif dengan indeks Total Internal Factor dan External Factor adalah 3,58 dan 3,47.Pendukung substansi materi diperlukan agar pengelolaan Sumber daya alam tidak memberikan dampak negatif dengan mengabaikan kebudayaan masyarakat setempat. Inisiasi materi muatan lokal diperlukan untuk mendekatkan peserta didik dengan lingkungan, mengenal dan mengetahui segala potensi keunggulan daerahnya.
Kata Kunci: Sumber daya alam, wisata ekologi, substansi, inisiasi, interaktif, SWOT.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0014.jpg
JURNAL.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Moh. Gamal Rindarjono,M.Si
2. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana