Penulis Utama : Sherly Mayfana Panglipur Yekti
NIM / NIP : S851408039
×

Proses berpikir dalam pemecahan masalah aljabar membutuhkan perhatian dari guru agar dapat membantu siswa mengembangkan penalaran matematisnya. Penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah aljabar dapat dilihat dari beberapa dimensi, salah satunya adalah gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penalaran matematis siswa kelas VIII dengan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent dalam pemecahan masalah aljabar.
Jenis penelitan ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Gaya kognitif dari 32 siswa kelas VIII H SMPN 2 Karanganyar ditentukan menggunakan tes gaya kognitif Group Embedded Figures Test (GEFT). Selanjutnya pada masing-masing gaya kognitif diambil tiga siswa dengan skor tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek penelitian. Subjek pada penelitian ini sebanyak 6 siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama, tes tertulis dan pedoman wawancara sebaga i instrumen bantu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi waktu, dimana kredibilitas data diperiksa dengan memberikan tugas pada waktu yang berbeda. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) mengelompokkan data dalam empat langkah pemecahan masalah Polya, (2) menyajikan data dalam bentuk teks naratif, dan (3) menyimpulkan penalaran matematis siswa pada tiap-tiap langkah pemecahan masalah Polya.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masing-masing tipe gaya kognitif memiliki penalaran matematis yang berbeda. Penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dalam pemecahan masalah aljabar yaitu: (1) mampu mengidentifikasi masalah dengan menuliskan informasi yang diperoleh dari soal dengan jelas dan lengkap, (2) mampu menggambarkan kondisi dari masalah dengan menggunakan gambar secara jelas dan lengkap serta memahami dengan baik maksud dari soal tersebut, dan (3) mampu menghubungkan elemen-elemen yang berbeda dari informasi yang diperoleh dengan menggunakan bentuk aljabar namun belum sempurna. Sedangkan Penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif Field Independent dalam pemecahan masalah aljabar yaitu: (1) mampu mengidentifikasi masalah dengan menuliskan informasi yang diperoleh dari soal dengan jelas dan lengkap, (2) mampu menggambarkan kondisi dari masalah dengan menggunakan gambar secara jelas dan lengkap serta memahami dengan baik maksud dari soal tersebut, (3) mampu menghubungkan elemen-elemen yang berbeda dari informasi yang diperoleh dengan menggunakan bentuk aljabar yang tepat, (4) mampu menerapkan konsep aljabar yang telah dipelajari sebelumnya untuk membuat pengetahuan baru yang berguna dalam pencapaian solusi, dan (5) mampu mengajukan dugaan strategi pemecahan masalah namun belum lengkap.
Kata kunci : penalaran matematis, masalah aljabar, gaya kognitif

 

×
Penulis Utama : Sherly Mayfana Panglipur Yekti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851408039
Tahun : 2016
Judul : Penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah aljabar ditinjau dari gaya kognitif field dependent-field independent (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851408039-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K., M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Riyadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.