Penulis Utama : Eko Sumardi
NIM / NIP : S811402007
×

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran: (1) Penerapan media Engine Cutting dalam pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan pada kompetensi motor bakar. (2) Peningkatan motivasi belajar Teknik Kendaraan Ringan pada Kompetensi Motor Bakar dengan menggunakan Media Engine Cutting pada Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten.( 3) Peningkatan hasil belajar Teknik Kendaraan Ringan pada Kompetensi Motor Bakar dengan menggunakan Media Engine Cutting pada Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu bentuk penelitian dalam upaya memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaan, penelitian ini terdiri tiga siklus, dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi digunakan untuk melakukan tindakan pada siklus berikutnya sehingga diperoleh peningkatan. Data diperoleh dengan menggunakan tes, kuesioner, wawancara dan observasi. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru. Uji validitas dengan kisi-kisi soal, kisi-kisi angket dan review informan. Data yang terkumpul dianalisis kritis dan komparatif.
Hasil analisis tindakan kelas dengan penerapan penggunaan media pembelajaran enggine cutting dalam pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan Kompetensi Motor Bakar pada Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I hanya ada 10 siswa yang memiliki motivasi tinggi atau sebesar 29,41%. Pada siklus II, jumlah siswa yang bermotivasi tinggi sebanyak 15 siswa atau sebesar 15,14%. Sedangkan pada siklus III, jumlah siswa yang bermotivasi tinggi sebanyak 30 siswa atau sebesar 88,24%. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 32,35,% dengan nilai rata-rata sebesar 67,79. Pada siklus II, jumlah siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 58,82 % dengan nilai rata-rata sebesar 77,35. Sedangkan pada siklus III semua siswa sudah mencapai KKM 100% dengan rata-rata nilai sebesar 84,78. Sehingga kesimpulannya adalah: (1) Penerapan penggunaan media pembelajaran enggine cutting dalam pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan Kompetensi Motor Bakar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Penerapan penggunaan media pembelajaran enggine cutting dalam pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan Kompetensi Motor Bakar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten.
Kata Kunci: Media Enggine Cutting, Motor Bakar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

 

×
Penulis Utama : Eko Sumardi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811402007
Tahun : 2016
Judul : Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar teknik kendaraan ringan pada kompetensi motor bakar melalui penggunaan media engine cutting (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Akademik 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S.811402007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd
2. Dr. Suharno, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.