Penulis Utama : Petra Suwasti
NIM / NIP : S851408032
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) aktivitas metakognisi siswa laki-laki kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta yang bergaya kognitif reflektif dalam memecahkan masalah program linear, 2) aktivitas metakognisi siswa perempuan kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta yang bergaya kognitif reflektif dalam memecahkan masalah program linear, dan 3) aktivitas metakognisi siswa laki-laki kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta yang bergaya kognitif impusif dalam memecahkan masalah program linear serta 4) aktivitas metakognisi siswa perempuan kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta yang bergaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah program linear.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta. Siswa tersebut terdiri dari 2 siswa laki-laki reflektif, 2 siswa perempuan reflektif, dan 2 siswa laki-laki impulsif serta 2 siswa perempuan impulsif. Teknik pemilihan subjek yang digunakan yaitu teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas pemecahan masalah program linear.
Data divalidasi menggunakan triangulasi waktu. Setelah itu, data dianalisis menggunakan konsep dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi, presentasi dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aktivitas metakognisi siswa laki-laki kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta dengan gaya kognitif reflektif pada tahap mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah yaitu merencanakan, memonitor dan mengevaluasi model matematika. Aktivitas metakognisi pada tahap mengeksplorasi strategi meliputi merencanakan, memonitor dan mengevaluasi daerah penyelesaian dan koordinat titik pojok. Aktivitas metakognisi pada tahap mengantisipasi hasil dan bertindak meliputi merencanakan, memonitor dan mengevaluasi solusi. Aktivitas metakognisi pada tahap menengok ke belakang dan mengambil pelajaran meliputi merencanakan, memonitor dan mengevaluasi kesesuaian masalah yang diidentifikasi dengan solusi. (2) aktivitas metakognisi siswa perempuan kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta dengan gaya kognitif reflektif pada tahap mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah yaitu merencanakan dan mengevaluasi model matematika. Aktivitas metakognisi pada tahap mengeksplorasi strategi meliputi merencanakan, memonitor dan mengevaluasi daerah penyelesaian dan koordinat titik pojok. Aktivitas metakognisi pada tahap mengantisipasi hasil dan bertindak meliputi merencanakan, memonitor dan mengevaluasi solusi. Aktivitas metakognisi pada tahap menengok ke belakang dan mengambil pelajaran meliputi merencanakan, memonitor dan mengevaluasi kesesuaian masalah yang diidentifikasi dengan solusi. (3) aktivitas metakognisi siswa laki-laki kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta dengan gaya kognitif impulsif pada tahap mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah yaitu merencanakan penyusunan model matematika. Aktivitas metakognisi pada tahap
mengeksplorasi strategi yaitu perencanaan untuk menentukan daerah penyelesaian dan koordinat titik pojok. Aktivitas metakognisi pada tahap mengantisipasi hasil dan bertindak yaitu perencanaan solusi. Aktivitas metakognisi pada tahap menengok ke belakang dan mengambil pelajaran yaitu perencanaan kesesuaian masalah yang diidentifikasi dengan solusi. (4) aktivitas metakognisi siswa perempuan kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta dengan gaya kognitif impulsif yaitu pada tahap mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah yaitu merencanakan dan mengevaluasi model matematika. Aktivitas metakognisi pada tahap mengeksplorasi strategi meliputi merencanakan, memonitor dan mengevaluasi daerah penyelesaian dan koordinat titik pojok. Aktivitas metakognisi pada tahap mengantisipasi hasil dan bertindak yaitu merencanakan solusi. Aktivitas metakognisi pada tahap menengok ke belakang dan mengambil pelajaran yaitu merencanakan dan mengevaluasi penentuan kesesuaian masalah yang diidentifikasi dengan solusi.
Kata kunci: Aktivitas Metakognisi, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif, Jenis Kelamin, Penyelesaian Masalah

 

×
Penulis Utama : Petra Suwasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851408032
Tahun : 2016
Judul : Aktivitas metakognisi siswa sma dalam memecahkan masalah program linear ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif dan jenis kelamin (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 8 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851408032-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K., M.Sc. Ph.D
2. Dr. Riyadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.