Penulis Utama : Alfi Anafidah
NIM / NIP : S831302003
×

Tujuan penelitian yaitu: (1) mengetahui karakteristik modul fisika berbasis CTL pada materi dinamika partikel, (2) mengetahui kelayakan modul berbasis CTL pada materi dinamika partikel, (3) mengetahui efektifitas modul berbasis CTL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). pengembangan dilaksanakan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan pendefinisian (defind), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Pengembangan modul ini dinilai berdasarkan kelayakan isi, penyajian, dan bahasa oleh dosen, guru, dan peer review. Berdasarkan validasi kelayakan isi, penyajian, dan bahasa modul kemudian direvisi dan di implementasikan di kelas X-MIA 1. Data keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis dengan uji parametrik dengan uji t test menggunakan software IBM SPSS Statistic 18.00.
Hasil penelitian yaitu (1) modul fisika berbasis CTL pada materi dinamika partikel dikembangkan dengan menggunakan model 4-D dengan tujuh karakteristik pembelajaran CTL yaitu kontuktivisme, menemukan, bertanya, komunitas belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya, (2) berdasarkan hasil validasi kelayakan materi, penyajian dan bahasa oleh dosen, guru dan peer review disimpulkan modul berkategori sangat baik dan dari hasil uji coba kecil disimpulkan modul berkategori baik sehingga modul fisika berbasis CTL layak, (3) modul fisika berbasis CTL pada materi dinamika partikel dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil perbandingan nilai preetest dan posttes dengan N-gain 0,36. N-gain menunjukkan modul berbasis CTL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam kategori sedang.
Kata Kunci: Modul Fisika, CTL, Keterampilan Berpikir Kritis.

 

×
Penulis Utama : Alfi Anafidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831302003
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan modul fisika berbasis ctl (contextual teaching and learning) pada materi dinamika partikel untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sman 1 Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S.831302003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, M.Si
2. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.