Penulis Utama : Naufal Makarim Labib
NIM / NIP : I0111077
×

Agregat merupakan material penyusun utama plat beton perkerasan kaku. Mutu agregat sangat mempengaruhi tingkat ketahanan dan keawetan kontruksi perkerasan kaku. Penurunan muka tanah pada daerah pesisir menyebabkan jalan dengan struktur perkerasan kaku mengalami kerusakan karena banjir rob. Adanya air laut dapat mempercepat kerusakan beton pada perkerasan kaku, karena air laut memiliki kandungan garam 3,5%, sekitar 78% Sodium Chlorida (NaCl) dan 15% Magnesium Sulfat (MgSO4) (Agustini, 2008). Air laut juga menimbulkan serangan reaksi alkali silika pada beton. Karena reaksi alkali silika bisa terjadi kapan saja, maka agregat yang akan digunakan perlu diseleksi terlebih dahulu agar nantinya tidak menimbulkan kerusakan pada perkerasan kaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis agregat terhadap serangan reaksi alkali silika yang disebabkan air laut supaya menghasilkan beton yang lebih tahan terhadap air laut.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yaitu dengan menggunakan agregat andesit dan agregat basalt untuk pengujian kereaktifan agregat terhadap reaksi alkali silika, selanjutnya dilakukan pengujian kuat tekan dan kuat lentur beton yang dilakukan setelah 3 variasi perendaman yakni 1) perendaman dengan air tawar 28 hari, 2) rendam air tawar 28 hari + rendam air laut selama 13 hari, 3) rendam air tawar 28 hari + rendam air laut selama 26 hari. Selanjutnya data kuantitatif tersebut dianalisis menggunakan analisis inferensial korelasional.
Hasil analisis menunjukan kuat tekan dan kuat lentur beton dengan agregat basalt lebih tinggi dibandingkan agregat andesit. Dengan selisih kuat tekan 0.86% dan kuat lentur 5.9% untuk kondisi pertama, pada kondisi kedua dan ketiga selisih kuat tekan 4%; 2.96% dan kuat lentur 7.5%; 7.5%. Dari pengujian kereaktifan agregat, agregat basalt bukan agregat reaktif sedangkan agregat andesit merupakan agregat yang berpotensi reaktif terhadap reaksi alkali silika. Agregat basalt lebih tahan terhadap serangan reaksi alkali silika karena air laut dibandingkan agregat andesit.
Kata Kunci : Reaksi alkali silika, air laut, perkerasan kaku, kuat tekan beton, kuat lentur beton.

 

×
Penulis Utama : Naufal Makarim Labib
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0111077
Tahun : 2016
Judul : Analisis reaksi alkali silika agregat terhadap kuat tekan dan kuat lentur beton untuk perkerasan kaku yang tahan terhadap air laut
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0111077-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc,Ph.D
2. Ir. Agus Sumarsono, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.