Penulis Utama : Zainul Arifin
NIM / NIP : C1011048
×

Penelitian ini membahas permasalahan tentang pembentukan verba berwazan ???? /fa’’ala/ dengan abjad /alif/ (?) /wau/ (?) dan /ya>’/ (?) serta perubahan makna yang ditimbulkan dari verba berwazan ???? /fa’’ala/ dengan abjad /alif/ (?) /wau/ (?) dan /ya>’/ (?). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan verba berwazan ???? /fa’’ala/ dengan abjad /alif/ (?) /wau/ (?) dan /ya>’/ (?) serta mendeskripsikan makna yang ditimbulkan dari verba berwazan ???? /fa’’ala/ dengan abjad /alif/ (?) /wau/ (?) dan /ya>’/ (?).
Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif deskriptif yang meliputi tiga tahapan yaitu, metode penyediaan data, analisis data, dan penyajian data. Teknik sadap, teknik simak, dan teknik catat sebagai metode penyediaan data. Teknik bagi unsur langsung dan teknik lesap sebagai metode analisis data, dan teknik informal sebagai metode penyajian hasil analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan verba berwazan /fa’’ala/ selalu melalui proses idhgam atau proses memasukkan dua huruf yang sama menjadi satu huruf yang berharakat tasydid (geminasi). Di samping itu, tambahan huruf yang sama di tengah kata adalah dari jenis /’ain fi’l/, bukan dari salah satu huruf ? /sin/, ? /hamzah/, ? /la>m/, ? /ta>’/,  /mi>m/, ? /wau/, ? /nu>n/, ?
/ya>’/, ? /ha>’/, serta ? /alif/ yang tergabung dalam kata (?????????? ). Terdapat beragam wazan verba sebelum berwazan /fa’’ala/ yang menentukan kapasitas verba yang dapat berwazan /fa’’ala/. Pembentukan verba berwazan /fa’’ala/ memiliki perubahan makna, yaitu menunjukkan makna verba transitif /litta’diyah/, makna berulang-ulang /littaktsi>r/, makna menisbahkan objek dari verba dasar /linnisbah/, makna menjadi seperti verba dasarnya /yarudu bi ma’na sha>ra dza> ashluhu/, serta makna menuju ke- /liddala>lah ‘ala> al-Masyi ila> al-Maudhli’ atau littauji>h/. Adapun yang dominan adalah makna verba transitif /litta’diyah/.
Kata Kunci : Verba, /fa’’ala/, Kamus al-Munawwir, Makna.

 

×
Penulis Utama : Zainul Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1011048
Tahun : 2016
Judul : Pembentukan verba berwazan ???? /fa’’ala/ dalam kamus al-munawwir cetakan ke-14 tahun 1997 Kajian Morfosemantik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Arab-C.1011048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Yanti Nurul Hidayati, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.